Warga Tumpah Ruah Ramaikan Festival Lebaran Cipayung di Agro Wisata Cilangkap

Ribuan warga memadati Festival Lebaran Cipayung di Agro Wisata Cilangkap yang dibuka Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Jakarta Timur, (6/5/2023) - Ribuan warga meramaikan pembukaan Festival Lebaran Cipayung 2023 yang digelar di Agro Wisata Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (6/5/2023). Festival ini dibuka langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M.Anwar.

Pembukaan diawali dengan prosesi pemukulan bedug, diikuti dengan tradisi Betawi ‘nyorog’. Tradisi pemberian rantang makanan kepada tuan rumah yang diwakili Walikota dan Ketua PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar.

“Ini merupakan sarana silaturahmi kepada warga sekitar untuk berkumpul usai Lebaran. Menikmati kemeriahan dan keguyuban warga yang ditampilkan baik kesenian, budaya Betawi serta bazar UMKM khas Betawi semua ada di sini,” kata Walikota yang juga melakukan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dari Baznas Bazis Jakarta Timur.

Dari kegiatan itu juga, Walikota menyarankan, menjadikan festival itu sebagai agenda tahunan. Tak hanya sebagai sarana berkumpul warga tapi juga ikut membantu meningkatkan ekonomi warga melalui bazar. Di sisi lain, Walikota menyebutkan, lokasi Agro Wisata Cilangkap akan kian dikenal warga, terutama untuk destinasi wisata.

“Agro Wisata Cilangkap sebagai salah satu destinasi wisata, bisa menjadi lebih terkenal lagi, baik di Jakarta Timur maupun di DKI Jakarta.  Jadi, untuk warga Jakarta Timur jangan keluar kota untuk wisata cukup datang ke Agrowisata, Waduk Pondok Ranggon, Waduk Tiu, Waduk Setu sebagai sarana wisata baru di Jakarta khususnya Jakarta Timur,” ujarnya.

Hadir mendampingi Walikota dalam pembukaan festival yakni Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Anggota DPRD  Provinsi DKI Jakarta Ir.Manuara Siahaan, dan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto.

Hal senada diungkapkan Manuara Siahaan, Anggota DPRD dari Komisi B. Ia mengatakan dukungan penuh terhadap Festival Lebaran Cipayung. “Lebaran Cipayung akan dijadikan kegiatan rutin kedepannya dengan dukungan seluruh pihak, untuk meningkatkan sisi ekonomi, khususnya binaan Jakprenur Provinsi DKI Jakarta. Ini salah satu panggung mereka dalam memperkenalkan kepada warga serta meningkatkan perekonomian warga sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, seorang warga dari Cipayung, Rido (43), mengaku festival membantu mereka mendapatkan hiburan gratis di Jakarta. Apalagi tersedia berbagai suguhan seni dan budaya.

“Rumah saya dekat dari sini, jadi pas banget lagi libur membuat kita lebih bugar. Saya harap tahun berikutnya ada lagi dan jadi agenda rutin dengan banyak lagi artis yang ditampilkan,” harapnya. (JS)