Warga Bersama Pemkot Kerja Bakti Benahi Saluran Amblas di RW 01 Utan Kayu Selatan 

Jajaran pemerintah, 80 personel gabungan dan warga melakukan Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) dengan kerja bakti memperbaiki saluran amblas di Utan Kayu Selatan.

Jakarta Timur, (7/5/2023) - Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui pihak Kecamatan Matraman dan warga kerja bakti memperbaiki jalan rumah warga yang amblas di RT 012 RW 01 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (7/5/2023). Kegiatan yang digelar dalam Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) dipimpin langsung Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah.

Perbaikan saluran dalam AKMP di Kecamatan Matraman, menurut Iin Mutmainnah, harus dilakukan karena saluran yang terletak di tepi jalan pemukiman warga amblas akibat pondasi saluran yang sudah mulai usung. Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sudah melakukan peninjauan terhadap kondisi jalan amblas itu pada bulan Ramadan lalu.

“Kita melihat bagaimana kondisinya. Ini terjadi turunnya jalan yang dilalui masyarakat karena memang ada penataan dari SDA (Suku Dinas Sumber Daya Air). Dengan kondisi ini, dikhawatirkan kontur yang turun akan mengakibatkan masyarakat mengalami kecelakaan,” kata Iin. 

Wakil Walikota bersyukur digelarnya kerja bakti, kegiatan kerja bakti sebagai bukti adanya keguyuban antara pemerintah dan warga, terutama rutinitas Minggu pagi demi menjaga lingkungan agar bersih dan sehat. 

Camat Matraman, Bambang Pangestu menambahkan, perbaikan dilakukan atas dasar aduan masyarakat yang kemudian langsung ditindaklanjuti dalam kegiatan AKMP. Kecamatan mengerahkan 80 personel dari Pasukan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Bina Marga, SDA, Satpol PP, Aparatur Sipil Negara (ASN), Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan hingga elemen warga setempat.

“Amblasnya jalan karena berada di atas saluran, supaya tidak menutup saluran maka turapnya harus diperkuat juga. Jalannya juga harus dicor kembali dan diperbaiki, kangan sampai ketika hujan deras antara jalanan dan saluran itu terlihat rata. agar tidak ada warga yang terperosok, nanti kita upayakan di atas ada pembatas,” tambahnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengapresiasi tindak lanjut cepat dari pihak pemerintah dan masyarakat mengatasi perbaikan jalan dan saluran yang menjadi permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

“Ini juga dalam rangka dan dalam upaya untuk memperkukuh dan memperteguh pembangunan lingkungan kemasyarakatan, dan ini bagian dari memperkokoh kegotong royongan dari semua pihak yang saling bersinergi,” ungkapnya. (AD)