Dalam Lingkar Wilayah, Walikota Minta Saluran Inlet Waduk Dukuh Diperbaiki 

Saluran inlet Waduk Dukuh akan segera diperbaiki agar air waduk selalu bersih dan tidak berbau dan saat hujan tidak menimbulkan genangan. 

Jakarta Timur, (12/5/2023) -  Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meminta Satuan Pelaksana Tugas Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kramat Jati melakukan perbaikan saluran inlet di sisi kiri Waduk Dukuh. Perbaikan penting agar warga bisa memanfaatkan waduk sebagai destinasi wisata dan olahraga dengan nyaman.

Penegasan itu diungkapkan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, saat lingkar wilayah ke Waduk Dukuh, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (12/5/2023). Dalam kunjungan itu, Walikota menemukan adanya masalah pada saluran air di waduk yang kotor dan menimbulkan genangan.

“Waduk ini sudah dimanfaatkan warga sebagai sarana olahraga, tetapi keluhan dari warga di sisi kiri waduk ini masih ada genangan disaat hujan. Saat saya cek ternyata permasalahannya inlet waduk belum berfungsi dengan baik,” kata Walikota.

Dari hasil penelusuran itu, Walikota menemukan air dari kali Sunter Cipinang tidak mengalir ke Waduk Dukuh, dan air waduk sendiri tidak bergerak atau bersirkulasi hingga berubah warna menjadi hijau dan kotor.

“Tadi saya sudah perintahkan kepada Kasatpel SDA Kecamatan Kramat Jati, Muklis, untuk dilakukan segera penyodetan, jadi jika aliran kali Sunter Cipinang ini tinggi bisa diarahkan ke Waduk Dukuh. Ini salah satu tempat berkumpul warga dan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dan olahraga, jika air kotor dan bau, warga malas datang ke sini,” ujar Walikota.

Atas kondisi itu, Walikota meminta pihak SDA Kecamatan Kramat Jati langsung melakukan pengerjaan Jumat sore agar saluran inlet Waduk Dukuh bisa difungsikan dengan baik.

“Mudah-mudahan dari dikerjakannya saluran inlet di sisi kiri Waduk Dukuh ini, kedepannya sudah tidak terjadi genangan jika air Kali Sunter dan Kali Cipinang tinggi akibat air kiriman dari Bogor atau saat intensitas hujan tinggi,” tandasnya. (JS)