Pemkot Ajak Warga Cipinang Besar Utara Berkomitmen Bersama Hilangkan Tawuran

Pembinaan Kelurahan Sadar Hukum dorong warga berkomitmen hilangkan pelanggaran hukum berupa tawuran. 

Jakarta Timur,  (22/5/2023) -Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka Pembinaan Kelurahan Sadar Hukum, di Aula Kantor Lurah Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senim (22/5/2023). 

Iin menjelaskan, pembinaaan sadar hukum bertujuan agar warga dapat taat pada norma-norma hukum yang berlaku. Salah satunya menjadi fokus utama di Kelurahan Cipinang Besar Utara adalah kekerasan antar kelompok masyarakat atau tawuran. 

Kegiatan pembinaan sadar hukum dihadiri oleh warga Kelurahan Cipinang Besar Utara, yang  berkomitmen bersama taat pada norma hukum guna menciptakan suasana yang kondusif dan aman. 

“Aspek pelanggaran ini, kita masih melihat adanya tawuran, banyak faktor pemicu. Harapannya ini bisa jadi komitmen bersama seluruh warga masyarakat bagaimana bisa mengurangi sehingga kita bisa menghilangkan tawuran di lingkungan masyarakat,” kata Wakil Walikota. 

Lurah Cipinang Besar Utara, Agung Budi Santoso menambahkan, pelanggaran hukum di lingkungan Cipinang Besar Utara masih ditemui adanya kekerasan antar kelompok masyarakat atau tawuran, seperti minggu kemarin, namun saat ini sudah kondusif.

Dirinya berharap dengan adanya pembinaan sadar hukum para warga berkomitmen bersama untuk menghidari tawuran dengan segala pemicunya. “Kita fokuskan apa yang terjadi di wilayah Cipinang Besar Utara. Mudah-mudahan dengan pembinaan sadar hukum Kelurahan Cipinang Besar Utara ini bisa mengajak peran aktif para ketua RT/RW, LMK di wilayah untuk mensosialisasikan kepada warga pentingnya kesadaran hukum, mudah-mudahan tawuran-tawuran atau kriminalitas yang ada di wilayah bisa nol, minimal bisa berkurang,” tambahnya. (AD)