Puluhan Warga Ikuti Pelatihan Bidang Aneka Kue di Kantor Walikota

Para peserta latihan kue yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Timur mendapat pelatihan pembuatan kue modern.

Jakarta Timur, (22/5/2023) -  Sebanyak 50 orang terdiri dari warga Kecamatan Matraman dan Jatinegara mengikuti pelatihan bidang aneka kue yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Timur di lantai 4 Gedung Blok B1, Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (22/5/2023).

Kepala Suku Dinas Nakertransgi, Galuh Prasiwi mengatakan, pelatihan ini merupakan angkatan ketiga pelatihan bidang aneka kue pada 2023. Pelatihan akan berlangsunghingga empat hari ke depan.

“Jadi pelatihannya selama 5 hari hingga Jumat (26/5). Materinya pembuatan kue modern seperti kue tart, muffin dan cake potong coklat,” katanya.

Dijelaskan Galuh, dari masing-masing peserta pelatihan dari ketiga angkatan mendapatkan materi pelatihan bidang aneka kue yang berbeda. Seperti pelatihan bidang aneka kue angkatan pertama dan angkatan kedua tahun 2023 pada April lalu mendapatkan materi pelatihan kue kering.

Galuh menambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan bagi setiap peserta mengurus izin usaha mikro dan kecil (IUMK).

Tak hanya itu, mereka juga mengikuti tahap lanjutan seperti pelatihan branding dan pembuatan sertifikasi halal. Mereka juga akan dibina dan dilakukan pendampingan dalam berusaha, hingga kepastian akan mendorong peserta pelatihan itu agar bisa masuk dalam e-order.

“Pelatihnya kita datangkan chef dari lembaga pelatihan yang kompeten. Harapan kami setelah pelatihan mereka bisa berusaha dan meningkatkan taraf ekonomi,” tegasnya.

Hana, warga RT 08 RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, mengaku dirinya mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan setelah mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan bidang aneka kue ini dari akun medsos Sudin Nakertransgi Jakarta Timur. Ia pun senang, sebab dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam membuat kue sehingga bisa mengembangkan usaha.

“Alhamdulillah, selain wawasan juga kita dapati NIB dan sertifikasi halal. Mudah-mudahan nanti saya bisa dibantu mengembangkan usaha,” ungkapnya. (AJ)