Wakil Walikota Ajak Warga Duren Sawit Jadi Kelurahan Sadar Hukum Pelopor

Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, berharap Kelurahan Duren Sawit mencapai predikat Kelurahan Sadar Hukum Pelopor predikat tertinggi.

Jakarta Timur, (26/5/2023) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur terus menggencarkan pembinaan Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum). Kali ini, pembinaan Kadarkum menyasar warga Kelurahan Duren Sawit yang diikuti 60 elemen masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Duren Sawit, Jumat (26/5/2023). 

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, diharapkan membuat Kelurahan Duren Sawit mencapai predikat Kelurahan Sadar Hukum Pelopor predikat tertinggi. Harapan itu diungkapkan Wakil Walikota dalam sambutannya dihadapan warga. 

“Kita harapkan, dari hasil pembinaan Kadarkum ini Kelurahan Duren Sawit dapat mencapai predikat Kelurahan Sadar Hukum Pelopor predikat tertinggi. Dari empat tahapan dimensi meliputi akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan, dan akses demokrasi regulasi," kata Wakil Walikota.
 
Dari kegiatan itu juga diharapkan memberi penyuluhan kepada masyarakat dalam sistem kemasyarakatan agar terwujudnya Keluarga Sadar Hukum. “Harapannya, nantinya para peserta bisa mengetuk tularkan pemahaman tentang keluarga sadar hukum ke lingkungan sekitar, bahkan hingga kaum milenial,” imbuhnya. 

Darius Waluwu, selaku Ketua RW 015 Kelurahan Duren Sawit, mengaku senang dengan adanya pembinaan keluarga sadar hukum di wilayahnya. Pasalnya, masih banyak mengenai permasalahan hukum di lingkunganya seperti, wajib lapor hingga perkara pertanahan dan waris. 

“Ini cukup baik ya, kami bersyukur. Kegiatan ini memberikan pemahaman akan kesadaran warga tentang hak dan kewajiban, sehingga terbangun masyarakat yang sadar hukum,” ungkapnya. (AJ)