Walikota Berikan Bantuan Bagi Penyintas Kebakaran Duren Sawit

Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meminta kepada seluruh warga untuk tetap mewaspadai ancaman kebakaran

Jakarta Timur, (1/6/2023) – Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran warga lapak pemulung di Jalan Lingkar Duren Sawit, RT 01 RW 04 Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Kamis  (1/6/2023). Kehadiran Walikota didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar.

Bantuan berupa natura (bantuan non tunai) meliputi, perlengkapan sekolah dan selimut sebanyak 18 paket dan susu UHT hingga natura sandang, pangan dengan jumlah 18 paket, yang berkolaborasi dari BAZNAS Bazis dan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur.

“Kami hadir untuk melihat kondisinya, atas nama Pemprov DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur, kami turut perihatin bagi para korban. Tetap sabar dan ambil hikmah dari musibah ini, dari jumlah data yang ada terdapat 12 kepala keluarga warga DKI Jakarta, ini bentuk perhatian kami untuk saling membantu warga yang terkena musibah,” kata Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota meminta kepada seluruh warga untuk tetap mewaspadai ancaman kebakaran. Utamanya, bagi rumah-rumah yang dianggap rentan terhadap bahaya kebakaran. Terlebih musim kemarau panjang seperti saat ini, potensi bencana kebakaran akan menjadi sangat rawan, terlebih di lingkungan padat penduduk.

“Kita akan terus mengedukasi masyarakat akan ancaman kebakaran memasuki musim kemarau saat ini. Lurah, camat dan Sudin Gulkarmat, saya minta juga untuk lakukan edukasi bagi masyarakat dimulai dari konsleting listrik, penggunaan gas yang kerap terjadi pemicu bencana kebakaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota mengapresiasi para Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) terkait yang telah berkolaborasi lakukan respon cepat dalam memberikan bagi para korban kebakaran. ”Tenda pengungsian, air bersih hingga layanan kesehatan kita siagakan sampai 7 hari mendatang bagi para korban,” lanjutnya.

Sementara itu, Lenggono, Ketua RW 04 Kelurahan Duren Sawit, mengaku bangga adanya bantuan pemerintah bagi warganya yang mengalami musibah kebakaran. “Kami bersyukur dan Pemerintah ada dimulai dari awal terjadinya kebakaran hingga dihari ketiga pasca kebakaran. Ini bagian dari motivasi untuk kami,” katanya.

Hal senada diakui, Diah, warga RW 04 yang menjadi korban kebakaran. Ia  mengaku senang adanya beragam bantuan pemerintah terus diberikan. “Kami bersyukur bantuan terus diberikan. Alhamdulillah, tidak adanya kekurangan. Sangat berterimakasih,” pungkasnya. (AJ)