Warga Pondok Bambu Ikuti Sosialisasi Gerakan Tanam Cabai 'Rawita Peti' 

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur terus menggencarkan sosialisasi Gerakan Tanam Sejuta Cabai "Rawita Peti" (Pedaskan Timur). 

Jakarta Timur, (7/6/2023) – Sebanyak 30 warga Kelurahan Pondok Bambu terdiri dari kader tim PKK Kecamatan Duren Sawit, PKK Kelurahan dan anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) mengikuti sosialisasi Gerakan Tanam Sejuta Cabai "Rawita Peti" (Pedaskan Timur) di Aula Serbaguna Kantor Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (7/6/2023). 

Program Gerakan Tanam Sejuta Cabai "Rawita Peti" merupakan upaya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam meningkatkan ketahanan pangan dan menekan inflasi pangan yang berkolaborasi dengan CSR PT. East Seed West Indonesia (Panah Merah) bersama Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur. 

“Tujuan kita nantinya akan pada swasembada pangan, untuk itu kita harapkan program ini dapat bermanfaat besar bagi seluruh warga di Jakarta Timur,” kata Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Timur, Hendra Juniarto. 

Ia juga menjelaskan akan terus melakukan monitoring dan evaluasi. Pasalnya, sejauh ini baru empat Kecamatan di Jakarta Timur telah lakukan penyemaian usai mendapat sosialisasi Gerakan Tanam Sejuta Cabai "Rawita Peti".
“Kita memonitor, sehingga setelah dilakukan penyemaian bisa menghasilkan cabai yang berkualitas baik,” imbuhnya. 

Darwanti, salah satu Kader PKK RW 01 Kelurahan Pondok Bambu, mengaku senang dapat mengikuti sosialisasi gerakan tersebut. Ini membuatnya memiliki keinginan mengoptimalkan lahan yang ada di wilayahnya
“Jadi, saya sudah ada rencana penyemaian di RPTRA, jadi sebelumnya lahan tersebut ditanami kangkung akan berganti dengan cabai. Secara bergantian ini juga dapat berdampak bagi kesuburan tanah,” ungkapnya. (AJ)