Deteksi Dini Stunting, Walikota Launching Pos Gizi di RW 10 Cibubur

Demi mendeteksi dini permasalahan stunting pada anak, RW 10 Kelurahan Cibubur membentuk Pos Gizi sebagai antisipasi. 

Jakarta Timur, (9/6/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meresmikan Pos Gizi Penanganan Stunting dan Gerakan Orang Tua Asuh di Balai Warga RW 10, Jalan H. Ali Solihin RT 09 RW 10 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (9/6/2023). Pos Gizi dibentuk untuk bisa mendeteksi dini permasalahan stunting pada anak. 

Walikota menjelaskan, Pos Gizi yang dibangun secara swadaya masyarakat Kecamatan Ciracas itu akan dikelola langsung para Kader PKK dan Kader Kesehatan. Mereka nantinya akan melakukan pengecekan langsung perkembangan anak, dari mulai berat badan, tinggi badan dan aktivitasnya.

“Saya sangat mengapresiasi sekali, apa yang telah dilakukan jajaran Puskesmas Kecamatan Ciracas dan Kelurahan Cibubur dengan adanya Pos Gizi karena bisa mendeteksi dini permasalahan stunting pada anak,” kata Walikota. 

Para kader dan petugas kesehatan yang bertugas diharapkan Walikota, melakukan monitoring dan evaluasi tiap bulannya kepada para anak, terutama anak yang mengalami gejala stunting. 

“Perkembangannya seperti apa perubahannya, sampai betul-betul dia mengalami perubahan yang baik, dari gizi dan perkembangan kesehatannya,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Santayana Daulay, mengatakan Pos Gizi bertujuan untuk memperbaiki kondisi tumbuh dan kembang anak-anak yang mengalami stunting. 

“Kegiatan ini akan mencakup anak-anak yang mengalami gizi kurang, gizi buruk dan underweight, agar mencegah keparahan kondisi serta dapat mengoptimalkan kemampuan di masa yang akan mendatang guna menjadi generasi penerus bangsa,” jelasnya. 

Rencananya, Pos Gizi akan diterapkan di 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Ciracas. Sementara Pos Gizi Kelurahan Cibubur sebagai pilot project yang sudah mulai berjalan sejak 7 Juni lalu. 

“Kegiatan Pos Gizi berupa menimbang dan mengukur tinggi badan, masak bersama, menyuapi makan secara aktif, penyuluhan kesehatan dan lintas sektor lainnya,” tandasnya. 

Dalam kegiatan itu diwarnai penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan yang berkolaborasi untuk Pos Gizi Penanganan Stunting dan Gerakan Orang Tua Asuh dari Camat Ciracas Yus Wil Rasyid kepada perwakilan perusahaan, PT Pangan Sari Utama, PT Cosmex, dan PT Frisian Flag. Walikota juga melakukan penyerahan bantuan kursi roda dari Suku Dinas Sosial Jakarta Timur kepada warga Kelurahan Cibubur. (JS)