Walikota Berikan Bantuan Bagi Penyintas Korban Kebakaran Rawa Terate

Sebanyak 16 rumah korban kebakaran Rawa Terate mendapat bantuan perbaikan rumah dari Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Jakarta Timur (11/06/2023) - Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar mengunjungi warga korban kebakaran Krama Yudha RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Minggu (11/6/2023). Kehadiran Walikota dalam rangka memberikan motivasi atas musibah yang diderita warganya akibat kebakaran pada 23 April lalu.

Tak hanya memberikan dukungan moril, kehadiran dirinya juga memberikan bantuan yang diperuntukan untuk tambahan biaya pembangunan terhadap 16 rumah dengan jumlah 28 KK (Kepala Keluarga) sebesar Rp. 54 Juta dari Baznas Bazis Kota Jakarta Timur.

“Kami datang sebagai bentuk kepedulian dan rasa prihatin kami pada warga yang terkena musibah kebakaran. Meskipun tidak besar setidaknya dapat membantu mengurangi beban bagi warga.

Dirinya juga mengajak para korban dalam mengambil hikmah dari musibah kebakaran ini dengan mewaspadai lingkungan, utamanya dari bahaya kebakaran,” kata Walikota.

Pasalnya, dari beberapa informasi yang dihimpun, penyebab kebakaran selama ini diwilayah Jakarta Timur diduga akibat instalasi tabung gas yang bocor hingga korsleting listrik.

“Satu hal lagi yang perlu diwaspadai dari setrikaan warga yang meninggalkan setrika saat masih dicolokkan pada setop kontaknya. lupa mencabutnya dan menjadi ancaman kebakaran,” kata Walikota.

Sementara itu dikatakan Eka Nafisa Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur menjelaskan bahwa bantuan diberikan dengan jumlah Rp. 54 Juta tersebut tergolong dari persenatase kerusakan rumah yang hangus terbakar.

”Dimana penyaluran bantuan tergolong dari rusak bangunan dengan rincian 100 persen kerusakan bantuan sebesar Rp. 5 juta, 90 persen Rp 4 Juta dan 80 persen Rp. 3 Juta. Sedangan kerusakan 30 dan 20 persen masing masing menerima Rp. 2 Juta dan 1 Juta. Semoga ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban bagi warga Kelurahan Rawa Terate yang tertimpa musibah kebakaran,” ujarnya.

Salah satu korban kebakaran, Nur Aningsih Warga RW 05 Kelurahan Rawa Terate dirinya merasa senang, dengan kehadiran Walikota, selain adanya dukungan semangat juga dirinya mendapatakan bantuan materil.” Kami terimakasih kepada Pak Walikota dan jajarannya bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” pungkasnya. (AJ)