Jaga Kualitas Udara, Pemkot Bersama PAM Jaya Tanam 260 Pohon di DI Panjaitan

Sebanyak 260 pohon ditanam Pemkot Jakarta Timur dan PAM Jaya dalam rangka menjaga kualitas udara Jakarta lebih baik lagi. 

Jakarta Timur, (13/6/2023) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur bersama PAM Jaya melakukan penanaman pohon di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (13/6/2023). Total ada 260 pohon tabebuya yang ditanam, sebanyak 200 pohon dari PAM Jaya dan 60 pohon dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar hadir bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar dalam kegiatan tersebut. Walikota menjelaskan, penanaman dilakukan demi menjaga iklim dan kualitas udara di Jakarta, khususnya di Jakarta Timur, mengingat saat ini Jakarta mengalami cuaca yang cukup panas akibat emisi kendaraan. 

“Bagaimana kita menekan angka emisi di Jakarta, supaya iklim lebih baik lagi, emisi kita berkurang. Kita coba menanam ini, karena saat ini saya juga merasakan global warming yang luar biasa. Jakarta mungkin suhu derajatnya sama tapi panasnya beda, mudah-mudahan dengan menanam ini kualitas udara lebih baik lagi,” kata Walikota. 

Selain itu, Walikota mengatakan, penanaman sebagai upaya Pemkot bersama PAM Jaya menjaga lingkungan demi kesehatan bersama yang salah satu tujuannya, pencegahan stunting.

“Mudah-mudahan dengan menanam ini kualitas udara lebih baik lagi, inipun kaitan dengan stunting, menekan stunting didukung dengan lingkungan yang baik termasuk iklim. Mudah-mudahan ke depannya diterapkan terus, dihijaukan, dan 3-4 tahun dapat dirasakan,” ujarnya. 

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, penanaman pohon sekaligus pemanfaatan lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikelola PAM Jaya dengan penghijauan.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penanaman pohon bekerjasama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai upaya bersama menjaga lingkungan. Tak hanya penanaman, mereka juga akan melakukan kerjasaman dalam penyediaan air bersih dan penanganan stunting. 

“Ini respon dari kami, apa yang menjadi perhatian Pak Pj. Gubernur. Pak Pj. Gubernur mengarahkan  dan kami langsung melakukan penghijauan,” ungkapnya. (AD)