Kader PKK, PPSU Cakung Timur dan Ujung Menteng Ikuti Sosialisasi Penyuluhan Rawita Peti

Sebanyak 1.500 bibit cabai dan pupuk dibagikan kepada anggota PPSU dan kader PKK dalam penyuluhan Gerakan Tanam Sejuta Cabai 'Rawita Peti'.

Jakarta Timur, (13/6/2023) – Sebanyak 50 peserta pelatihan dari Kader Tim Penggerak PKK Kecamatan Cakung, PKK Kelurahan hingga PPSU Cakung Timur dan Ujung Menteng mengikuti sosialisasi penyuluhan Gerakan Tanam Sejuta Cabai 'Rawita Peti' di Aula Lantai III Kantor Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Selasa (13/6/2023). Kegiatan diwarnai pemberian 1.500 bibit cabai dan pupuk secara simbolis bagi Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan PKK di seluruh kelurahan Kecamatan Cakung.

“Rawita Peti ini merupakan program Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam meningkatkan ketahanan dan menekan inflasi pangan, yang berkolaborasi dengan CSR PT. East Seed West Indonesia (Panah Merah) bersama Suku Dinas KPKP dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur,” kata Lurah Cakung Timur, Rahman Setiana.

Sementara itu, Rochaety, penyuluh pertanian Sudin KPKP Kota Jakarta Timur menjelaskan, sosialisasi menekankan edukasi bagi para kader dan PPSU, sehingga mereka mendapat wawasan dalam menanam cabai dimulai dari penyemaian perawatan hingga panen.

“Kita harapkan dari hasil penyuluhan sosialisasi Rawita Peti berhasil maksimal, sehingga ketahanan pangan di Jakarta Timur terus alami peningkatan,” ujarnya.

Sutrisno, PPSU Cakung Timur mengaku, senang dapat mengikuti sosialisasi Program Rawita Peti. Banyak hal yang dirinya dapati dalam penyemaian dan pemeliharaan secara maksimal.

“Saat diikuti ternyata, memang tidak mudah, namun ini bermanfaat besar bagi kami untuk mampu menanam cabai dengan baik dan benar, setelah ini kita akan mulai penyemaian,” ujarnya.

Euis, Kader PKK Kelurahan Ujung Menteng menyampaikan, rasa terimakasih dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Pasalnya, selain termotivasi dirinya juga akan mencoba menanam cabai diperkarangan rumahnya.

"Saya akan mencoba untuk memaksimalkan dari awal penyemaian hingga panen," ucapnya. (AJ)