Tingkatkan Keterampilan Tenaga Siap Kerja, Kelurahan Dukuh Gelar Pelatihan Las

Sebanyak 10 warga Kelurahan Dukuh mendapat pelatihan las selama satu bulan.

Jakarta Timur, (14/6/2023) – Dalam rangka ikut membantu mengurangi tingkat pengangguran di wilayah DKI Jakarta, Kelurahan Dukuh menggelar kegiatan pelatihan las di halaman Kantor Kelurahan Dukuh. Pelatihan digelar sejak 5 Mei lalu hingga 16 Juni mendatang. 

Ada sebanyak 10 warga Kelurahan Dukuh ikut dalam pelatihan yang dilengkapi 1 mobil Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las (PPKKPL). Hal itu diungkapkan Plt Lurah Dukuh, Daily Yuniarti, kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menekan angka pengangguran bagi warga. Sebelumnya, kami sudah melakukan sosialisasi bersama RW dan RT. Memang kuota hanya 10 orang untuk pelatihan las ini, sama di seluruh kelurahan di Jakarta Timur sangat terbatas hanya 10 orang,” kata Daily. 

Kegiatan pelatihan digelar Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan las dari PPKKPL Condet. 

“Sedangkan untuk sertifikasi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) juga akan dilakukan tes ujian pada 16 Juni 2023,” ujarnya. 

Sementara itu, Ihsan, warga RT 02 RW 02 Kelurahan Dukuh, yang menjadi salah satu peserta pelatihan mengaku senang mengikuti pelatihan. Dia mengaku pelatihan dapat menambah ilmu dan keahliannya untuk terjun di dunia kerja.

“Sangat beryukur dan senang bisa mengikuti pelatihan las karena bisa menambah ilmu dan keahlian di bidang las. Ini memang keinginan diri sendiri memilih keahlian mengelas untuk mencoba peruntungan bekerja di perusahaan yang bonafide yang memang mencari tenaga kerja untuk las,” ucapnya. (JS)