Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Dibangun di Lima Kecamatan

Pemkot Jakarta Timur berencana membangun tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) yang tersebar di lima kecamatan. Lima TPST tersebut nantinya diprediksi mampu mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang, Bekasi, hingga 30 persen.

Tiap harinya, Jakarta Timur sendiri menghasilkan sampah hingga 1.100-1.200 ton.  "Lima TPS terpadu itu akan menerapkan sistem reduce, reuse dan recycle (3R). Dengan begitu kita harapkan dapat mengurangi sampah dari sumbernya," kata Kepala Sudin Kebersihan Jakarta Timur S.R Marnaek Siahaan, S.Sos, M.SI, Jumat (23/1).

Marnaek mengatakan, lima TPST yang akan dibangun tersebut terdapat di Kecamatan Kramatjati, Makasar, Matraman, Cipayung dan Ciracas. Salah satu TPST yang dibangun berlokasi di Jalan SMP 126 RT 10/03 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramatjati dengan luas lahan 5.793 meter persegi.

Menurutnya, dengan dibangunnya TPST tersebut,  nantinya  sampah yang dikirim ke TPA Bantar Gebang hanya tersisa 70 persen. Pasalnya, 30 persen sampah, seperti plastik, kertas dan logam akan dikelola menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. (Puji/Kominfomas JT)