Jelang Idul Adha 2023, Puluhan DKM Ikuti Bimtek Penanganan Hewan dan Daging Kurban

Sebanyak 70 anggota Dewan Kemakmuran Masjid dari 10 kecamatan di Jakarta Timur mengikuti Bimtek Penanganan Hewan dan Daging Kurban. 

Jakarta Timur, (20/6/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Hewan dan Daging Kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota, Selasa (20/6/2023). Kegiatan diikuti 70 orang terdiri dari para DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dari 10 wilayah Kecamatan di Jakarta Timur serta petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur. 

Bimtek yang diinisiasi Sudin KPKP dibuka langsung Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Kusmanto. Dengan narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Timur, Fuad Thohari, Wakil dari Sekolah Kedokteran Hewan IPB, Supratikno, dan Asosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Indonesia, Sri Hartati. 

Bimtek membahas penyembelihan hewan kurban berdasarkan prinsip kesrawan dan syariat Islam. Sekaligus juga penanganan daging hewan kurban yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal), serta membahas mengenai hukum dan panduan penyelenggaraan kurban pada situasi penyebaran penyakit kulit bebenjol. 

“Saya menyambut baik Bimtek ini dan masyarakat harus dibekali ilmu dan wawasan pengetahuan bagaimana memilih hewan kurban, bagaimana memperlakukan hewan kurban dengan benar, serta bagaimana menangani hewan kurban setelah disembelih hingga dagingnya dibagikan,” kata Kusmanto dalam sambutannya. 

Ia juga meminta para peserta Bimtek dapat mengikuti dengan baik, sehingga nantinya dapat juga mengedukasi masyarakat agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Jakarta Timur berlangsung dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. 

Hal senada juga diungkapkan, Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin, Bahwa bimtek tujuannya memberikan wawasan dan keterampilan bagi petugas. Khususnya, dalam penanganan pemotongan hewan dalam melindungi masyarakat melalui penyediaan daging kurban yang sehat dan aman dikonsumsi.

“Selain Bimtek, kita Sudin KPKP juga telah melakukan pengawasan bagi penampungan hewan kurban mengenai kesehatan dimulai dari administrasi asal hewan yang didatangkan. Kemudian juga kita akan bekerjasama dengan BAZNAS Bazis Jakarta Timur dengan mendistribusikan 5.000 wadah tempat daging kurban yang ramah lingkungan yang akan dibagikan keseluruhan kecamatan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Muhadis, Ketua DKM Asmaul Husna Kelurahan Pondok Kelapa mengaku senang dapat mengikuti kegiatan bimbingan.

”Dengan ini bertambah ilmu utamanya dalam masalah kesehatan dan kualitas daging kurban yang akan didistribusikan kepada warga. Ia pun juga akan menggetuk tularkan hasil dari bimtek ini kepada jamaahnya saat shubuh gabungan diwilayahnya,” ungkapnya. (AJ)