Walikota Tinjau Penghijauan Eks Loksem UMKM di Kayu Putih

Lahan eks JT 21 di Jalan Pulomas Selatan kini sedang dilakukan proses pembangunan taman. 

Jakarta Timur, (20/6/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau lahan eks lokasi sementara (loksem) UMKM JT 21 di Jalan Pulomas Selatan RT 11 RW 15, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (20/6/2023). Di lokasi tersebut kini sedang dilakukan proses pembangunan taman dari Corporate Social Responsibility (CSR).

Walikota menjelaskan, sebelumnya dilakukan penertiban di lokasi tersebut karena kondisi Eks JT 21 sudah semrawut dan para pedagang yang berjualan kebanyakan bukan warga DKI Jakarta. Karena itu, dilakukan penertiban dan para pedagang berKTP DKI dipindahkan ke PD Pasar Jaya. 

“Kita tertibkan pedagang di Eks JT 21 karena sudah semrawut dan tidak jelas pedagangnya dari mana asalnya. Ada sekitar 50-60 pedagang yang berada di sana, yang ber-KTP DKI Jakarta hanya beberapa pedagang saja sisanya dari luar DKI Jakarta,” jelas Walikota. 

Selain dipindah ke PD Pasar Jaya, ada beberapa pedagang yang dipindahkan ke Lokasi Sementara (Loksem) di Kecamatan Makasar. “Yang bukan ber-KTP DKI bisa kembali ke tempat asal atau mereka masuk ke PD Pasar Jaya yang berbayar,” lanjutnya. 

Penertiban harus dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk membuat ruang publik menjadi bersih dan rapi. Apalagi ini sesuai dengan arahan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. 

“Semua kita lakukan agar wilayah menjadi rapi, bersih dan hijau, sesuai arahan bapak Pj. Gubernur melakukan penghijauan dan penataan wilayah yang kumuh menjadi rapi dan tertata,” pungkasnya. (JS)