Sudin KPKP Jakarta Timur Periksa 5.915 Ekor Hewan Kurban Sepanjang Idul Adha

Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur memastikan 5.915 ekor hewan kurban yang diperiksa petugas dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi.

Jakarta Timur, (30/6/2023) – Demi menjamin kesehatan warga, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 5.915 ekor hewan kurban sepanjang Idul Adha 2023. Hewan kurban itu tersebar di 205 masjid di 10 kecamatan di wilayah Jakarta Timur. 

Hal itu diungkapkan Kepala Sudin KPKP, Ali Nurdin, saat penyembelihan hewan kurban di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (30/6/2023). Pemeriksaan dilakukan oleh 145 petugas pemeriksa hewan dan daging kurban Sudin KPKP. 

“Jadi, kami telah melakukan pemeriksan sebelum dan sesudah Idul Adha. Hari Rabu dan Jumat, kita masih melaksanakan kegiatan pemeriksaan hewan dan daging kurban untuk memastikan layak dikonsumsi oleh warga masyarakat,” kata Ali. 

Dari hasil pemeriksaan itu, Ali Nurdin memastikan, tidak ada hewan kurban yang sakit. Semua daging kurban layak dikonsumsi. 

“Sampai hari ini, tidak ada yang ditemukan hewan kurban yang sakit, dan daging semuanya layak konsumsi, saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas di lapangan,” ujarnya yang sempat melakukan peninjauan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Jami Al Ikhlas, Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (29/6/2023).

Pemeriksaan hewan kurban terbanyak terjadi pada hari-H Idul Adha. Lebih banyak dibandingkan Rabu dan Jumat, sebelum dan sesudah Idul Adha. (JS)