Kelurahan Pondok Bambu dan Sudin Bina Marga Potong Puluhan Kabel Optik di Jalan Pahlawan Revolusi

Jakarta Timur, (5/7/2023) - Jajaran Kelurahan Pondok Bambu bersama Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan pemotongan kabel optik semrawut di tiang-tiang Jalan Pahlawan Revolusi RW 05 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Rabu (5/7/2023).

Pemotongan terhadap 32 kabel optik milik berbagai operator tersebut merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat agar para operator pemilik kabel yang seharusnya memindahkan kabel ke SJUT (Sarana Jaringan Utilitas Terpadu) di bawah tanah, fasilitas yang sudah dibangun Pemprov DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, kita telah memberikan jawaban keresahan warga dan saat ini kita bersama Sudin Binamarga para RT/RW hadir melakukan pemotongan kabel optik semrawut,” kata Lurah Pondok Bambu, Achmad Ruslan.

Dilanjutkan Ruslan, pemotongan kabel udara itu berlandaskan Peraturan Gubernur Nomor 106 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Infrastruktur Jaringan Utilitas. Dalam kesempatan ini, sebanyak 30 personel gabungan dikerahkan terdiri dari Satgas Sudin Bina Marga, PPSU, Satpol PP. 

Pihaknya bersama Sudin Bina Marga nantinya akan lakukan pemotongan kabel optik di sepanjang Jalan Pahlawan Revolusi. Pasalnya dari berbagai aduan warga meresahkan bahkan berdampak buruk dari estetika lingkungan. 

“Ini tahap awal yang kita lakukan pemotongan. Nantinya, akan sepanjang Jalan Pahlawan Revolusi, sehingga keluhan warga dimana adanya kendaraan dari warga yang ketiban kabel udara,” pungkasnya.

Harapannya, hasil pemotongan kabel optik dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan berharap lahan tidak dalam sengketa. 

“Dengan proses yang cukup panjang, hari ini, kita bisa serahkan, harapan kami lahan itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Insyaallah lahan itu tidak dalam sengketa dan bisa dimanfaatkan segera dengan baik,” ungkapnya. (AJ)