Cegah Stunting, Sinergi Lintas Sektor Bersama Warga Kelapa Dua Wetan Berikan Makanan Bergizi Seimbang

Jakarta Timur, (14/7/2023) – Tim gabungan Kelurahan Kelapa Dua Wetan gencarkan kegiatan pencegahan stunting di lingkungan warga tidak mampu. Salah satu kegiatannya membagikan makanan dengan menu gizi seimbang secara gratis kepada balita di Bawah Garis Merah (BGM) terkait gizi, berat badan dan tinggi badan.

Kegiatan itu juga dilakukan kembali tim gabungan, Jumat (14/7/2023) pagi. Pembagian menu gizi seimbang diberikan secara rutin selama 3 kali sehari, Senin-Jumat, kepada balita yang terindikasi stunting atau berada di BGM. 

Hal itu diungkapkan Ketua Pokja 4 PKK Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Yeni, saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur. “Anak-anak itu diberikan makanan secara rutin dan gratis oleh Kader Dasawisma dan Kader PKK bertugas untuk memasak menu makanan gizi seimbangnya, setelah selesai masak diambil dan diberikan langsung kepada keluarga balita tersebut,” kata Yeni.

Makanan gizi seimbang berupa daging, sayuran, dan buah itu diberikan kepada anak-anak yang terindikasi stunting. Selain makanan bergizi, kader PKK juga memberikan susu bubuk satu kardus. 

“Kami melakukan monev (monitoring dan evaluasi) setiap hari Rabu, cek seluruhnya balita tersebut. Alhamdulilah dari anak-anak sudah ada peningkatan gizi dan berat serta tinggi badannya. Ini semua berkat dukungan seluruh pihak dari Kecamatan Ciracas, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kader PKK, Kader Dasawisma dan kader Posyandu dan warga yang secara swadaya telah membantu dan mendukung kegiatan zero stunting di wilayah Kelurahan Kelapa Dua Wetan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu ibu dari anak yang terindikasi stunting yang menerima bantuan menu gizi seimbang merasa bersyukur mendapat bantuan dari PKK Kelurahan Kelapa Dua Wetan dan Kader Dasawisma. 

“Alhamdulillah perkembangan anak saya sekarang lebih baik dan lebih sehat. Semoga apa yang telah dilakukan yang baik ini dapat membuat kesejahteraan bagi warga masyarakat Kelurahan Kelapa Dua Wetan,” ungkapnya. (JS)