Walikota Tinjau Kerja Bakti di Kampung Literasi Klender

Jakarta Timur, (16/7/2023) – Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan aksi kerja bakti di lingkungan warga RT 015 RW 04 Kampung Kapitan Barat, Jalan Cipinang Muara II, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Minggu (16/7/2023).

Selain meninjau kegiatan kerjabakti Walikota juga berkeliling melihat kondisi beragam instalasi hidroponik, kolam gizi, sederet mural warna warni di sepanjang jalan warga, bank sampah serta meninjau taman baca yang banyak diminati warga Kampung Kapitan Barat hingga disebut sebagai kampung literasi. 

“Hari ini kita lakukan peninjauan langsung. Dimana adanya ragam perubahan bagi seluruh warganya. Lingkungan sudah cukup baik. Ada beragam pemberdayaan yang terkelola cukup baik. Ada kolam gizi, bank sampah sampai taman baca dan ini patut diapresiasi,” kata Walikota. 

Aksi kebersihan terfokus pada pembersihan sampah di salah satu lahan yang dimanfaatkan sebagai kebun kecil, deretan kolam ikan, dan saung penuh buku bacaan. Namun, Walikota menilai masih perlunya penghijauan di tempat itu, salah satunya tanaman buah atau sayuran yang bisa bermanfaat besar bagi warga saat masuki musim panen.

“Kita akan bantu dengan berbagi bibit tanaman buah dan sayuran, sehingga bermafaat bagi warga untuk dikonsumsi. Ini terus dilakukan sebagai pengentasan stunting,” imbuhnya. 

Sementara itu Ketua RT 015, Yanuar Mahendra menjelaskan, hadirnya instalasi hidroponik dan kolam gizi di gang bermula sekitar 2022 lalu, sebagai edukasi bagi masyarakat. Tujuannya, memperlihatkan pentingnya kebersihan lingkungan hingga kebutuhan dan ketahanan pangan.

“Kedatangan Pak Wali langsung memberikan dampak besar, motivasi bagi kami dalam menjaga kampung selain kebersihan dan ketahanan pangan juga sebagai perwujudan lingkungan yang nyaman bagi warga,” ungkapnya. (AJ)