Pos Gizi Pondok Bambu Ampuh Tambah Berat Badan Balita Terindikasi Stunting

Jakarta Timur, (18/7/2023) – Keberadaan Pos Gizi Kelurahan Pondok Bambu di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Pondok Bambu Berseri RW 01, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur sukses memberikan manfaat kepada 10 balita yang mengalami stunting. Berat dan tinggi badan ke-10 balita naik signifikan sejak mendapatkan bimbingan dari Pos Gizi sejak Juni lalu.

Pos Gizi melakukan bimbingan kepada para orang tua ke-10 balita dengan berbagai pengetahuan terkait penanganan stunting. Seperti pengetahuan pemilihan bahan makanan mentah, pengolahan makanan, cara memasak, menyiapkan makanan, pengaturan pola makan hingga menyusun menu makanan sebagai asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

“Alhamdulillah, dari 10 balita terindikasi stunting di Kelurahan Pondok Bambu mengalami peningkatan berat badan. Kami apresiasi kerjasama dan kolaborasi semua pihak termasuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang bergotong royong mengentaskan kemiskinan,” kata Sekretaris Kelurahan Pondok Bambu, Ateng Surahman. 

Ateng menjelaskan, penyuluhan dan bimbingan akan kembali dilakukan lima hari ke depan. Ini merupakan penyuluhan bulan kedua setelah bimbingan pada Juni lalu. 

Kendati para balita mengalami penambahan berat badan, pihak kelurahan tetap akan melakukan monitoring dan evaluasi. Salah satu yang diperhatikan yakni kebiasaan makanan terbaik bagi balita yang sudah mengalami penambahan berat badan tetap harus dipertahankan. 

Koordinator Program Gizi Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Ulfa menambahkan, peran Pos Gizi Kelurahan Pondok Bambu terus mengedepankan adanya perubahan perilaku bagi para orang tua. “Diharapkan adanya perubahan perilaku dimulai dari memulai masak menu asupan hingga pola hidup bersih dan sehat,” tambahnya. 

Sementara itu, Winarti, salah satu orang tua balita stunting, mengaku senang adanya perhatian yang diberikan oleh pemerintah dalam mengentaskan stunting. Anaknya masih mendapatkan program one day one egg dan susu setiap pekannya selama tiga bulan. 

“Dari semuanya itu, alhamdulillah anak saya alami peningkatan berat dan tinggi badan. Saya sangat berterima kasih, semoga terus sehat dan sangat bermanfaat,” ucapnya. (AJ)