Tinjau Kerja Bakti di Sodetan Ciliwung Walikota Tegaskan Kali Bukan Tempat Sampah

Jakarta Timur, (30/7/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau kerja bakti dari sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT), di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (30/7/2023). 

Walikota mengatakan, peninjauan dan kerja bakti dalam rangka persiapan peresmian sodetan inlet Kali Ciliwung menuju ke KBT, oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam kerja bakti mengecek kebersihan bantaran Kali Ciliwung. 

“Jadi kita perhatikan terutama bantaran kali, termasuk turapnya, karena sampah ini dibuang dari hulu ke hilir, tentunya akan melintas di wilayah Bidara Cina ini, jadi kita antisipasi kita pastikan semuanya clean and clear, bersih dari sampah,” katanya. 

Selain itu,  Walikota berpesan untuk masyarakat Jakarta Timur,  untuk mengubah kebiasaan buruk, tidak lagi membuang sampah ke kali atau bantaran kali. Ia berharap bantaran kali atau sungai dijadikan tempat yang nyaman untuk berinteraksi dan lainnya. 

Di sekitar sodetan Kali Ciliwung ke KBT sendiri kini juga lebih cantik dan indah. Berbagai fasilitas telah dibangun seperti tempat bermain hingga fasilitas olahraga. 

“Untuk warga Jakarta Timur, kali ini bukan tempat sampah tapi tempat untuk wisata, kita bisa duduk di pinggir kali, interaksi masyarakat, contohnya di sodetan ini, Pemerintah Pusat telah menyiapkan fasilitas yang sangat baik sekali. Ada tempat bermainnya, ada lapangan olahraganya, penghijauan dan sebagainya, harapan kami setelah diresmikan warga dapat menjaganya dengan baik,” ungkapnya. 

Sementara itu, Lurah Bidara Cina, Suhartono, menjelaskan kerja bakti sepanjang sodetan menuju KBT melibatkan 150 personel gabungan. Terdiri dari pasukan Penanangan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari setiap kelurahan se-Kecamatan Jatinegara, Pasukan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, pasukan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, pasukan Suku Dinas Bina Marga, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air. 

Kerja bakti meliputi pembersihan Jalan Raya Otista, penopingan pohon, pengecatan trotoar, hingga pembersihan Kali Ciliwung. 

“Hampir 150 orang yang untuk kegiatan pada pagi hari ini,” jelasnya. (AD)