Pemkot Jakarta Timur Imbau LMK Menjaga Kenyamanan saat Pemilu 2024

Jakarta Timur, (2/8/2023) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iim Mutmainnah, membuka pembinaan optimalisasi kinerja Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) se-Jakarta Timur, di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (2/8/2023). Kegiatan diikuti 711 anggota LMK se-Jakarta Timur dengan hadir secara langsung maupun dalam jaringan (daring). 

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja LMK dalam menjaga kenyamanan masyarakat Jakarta Timur. Jelang Pemulu 2024, LMK se-Jakarta Timur, menurut Wakil Walikota, diharapkan dapat menyukseskan Pemilu 2024. 

Mereka diharapkan dapat menjaga kenyamanan dan ketentraman suasana di tengah masyarakat, menjelang Pemilu maupun saat Pemilu 2024 berlangsung. Ia berpesan, anggota LMK tidak berpihak ataupun beroganisasi politik saat Pemilu, guna menjaga perbedaan pilihan masyarakat dalam pandangan politik untuk tetap damai dan kondusif.

“Justru LMK punya tanggung jawab bersama jajaran RT/RW dengan seluruh komponen yang ada, untuk memberikan situasi yang kondusif ketika ada dinamika yang ada di masyarakat, yang namanya perbedaan itu wajar, tetapi bagaimana menyikapi perbedaan dengan bijak itu butuh kemauan, tanggung jawab, semangat yang sama, pandangan, sikapnya, mengarahnya adalah mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif,” katanya.

Sementara itu, LMK RW 09, Kelurahan Cipinang Muara, AIvan Rusdianto, menyampaikan, menjelang Pemilu 2024, LMK diharapkan tidak menunjukan keberpihakannya dalam pilihan politiknya. Hal itu dilakukan guna menjaga lingkungan untuk tetap kondusif.

“Kami sangat mendukung 100 persen, kami juga sudah berkoordinasi dengan RT/RW di wilayah kami masing-masing. Dari Kelurahan sendiri juga sudah ada imbauan, karena dari Perda (Peraturan Daerah) sendiri kami di LMK tidak boleh berpolitik, sebagai anggota politik saja kami tidak,” ungkapnya. (AD)