Tindak Lanjut Aduan Warga, Satpel SDA Kecamatan Cipayung Tuntaskan Perbaikan Turap

Jakarta Timur, (4/8/2023) – Dalam rangka menindaklanjuti aduan warga masyarakat terkait Saluran Penghubung (Phb) Cilangkap melalui Customer Relationship Management (CRM), Satuan Pelaksana (Satpel) Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kecamatan Cipayung melakukan respon cepat.

Perbaikan yang dilakukan di Phb Cilangkap, Jalan Buni RT 05 dan 06 RW 08, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, memakan waktu selama enam hari. Mereka memulai pekerjaan sejak pekan lalu.

Kasatpel SDA Kecamatan Cipayung, Dian Kartika, menjelaskan turap longsor yang diperbaiki sepanjang 4 meter dan tinggi 3 meter. Perbaikan harus cepat dilakukan karena kondisi turap yang cukup terjal dan rawan terjadi longsor susulan karena turap masih alami. Karena itu, pihak SDA melakukan pemasangan turap dengan batu kali dan disusun tiga trap agar lebih kokoh.

“Perbaikan turap longsor sudah selesai, dengan pemasangan bronjong batu kali. Ini sebagai penahan terhadap debit air di saluran air ini agar tidak terjadi longsor susulan,” kata Dian.

Dian menjelaskan, perbaikan turap longsor yang melibatkan 11 petugas SDA Kecamatan Cipayung sedikit terkendala dengan akses jalan menuju lokasi yang sangat sempit. Kendaraan tidak bisa masuk sehingga untuk suplai material, Satgas harus mengangkutnya menggunakan gerobak sejauh sekitar 200 meter.

Perbaikan turap mendapat apresiasi dari warga. Hal itu diungkapkan Ketua RW 08 Kelurahan Munjul, Maidi Syahrial, yang mengatakan, dampak turap longsor sebelumnya dikhawatirkan merusak rumah warga.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran Satgas SDA Kecamatan Cipayung, yang telah melakukan perbaikan turap longsor di wilayah ini. Turap sepanjang empat meter di saluran Phb Cilangkap ini longsor akibat tergerus debit air dan kondisi turap yang sudah rusak,” ungkapnya. (JS)