Dinas Gulkarmat Gelar Jakarta Fire Fighter Challenge 2023 

Jakarta Timur, (7/8/2023) - Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, memimpin apel dan membuka Jakarta Fire Fighter Challenge 2023, di Pusdiklat Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (7/8/2023). Pembukaan diawali dengan penekanan tombol sirene. 

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan seluruh jajarannya yang sudah menunjukkan dedikasi dan kinerjanya selama ini, dalam hal penanganan kebakaran dan penyelamatan warga masyarakat. Sekaligus PMI Provinsi DKI Jakarta yang merupakan mitra strategis dalam melakukan penanganan musibah kebakaran,” kata Sigit Wijatmoko. 

Dalam kegiatan itu, Sigit Wijatmoko, juga melakukan peninjauan beberapa kegiatan. Dimulai dari lomba Jakarta Fire Fighter Challenge, yang melombakan dua nomor yakni house lying yang diikuti 44 peserta dan Braveheart yang diikuti 25 perserta. Peninjauan dilanjutkan dengan melihat stand bazar yang digelar Dharma Wanita Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan peninjauan lokasi donor darah. 

“Tentu kegiatan ini untuk memastikan dan meningkatkan skill masing-masing Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan juga memastikan jiwa korsa dan kebersamaan sebuah team work dalam melakukan penanganan dan penyelamatan agar terpelihara dengan baik,” lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriyadi Gunawan menjelaskan Jakarta Fire Fighter Challenge 2023 merupakan ajang adu keahlian antar sektor di lingkungan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta. Kegiatan juga dalam rangka menyambut HUT ke-496 kota Jakarta dan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

“Kegiatan skill kompetisi antar sektor untuk wujudkan petugas pemadam kebakaran yang profesional, terlatih, terampil, dan mampu bekerja sama dengan tim dalam rangka mendukung Sukses Jakarta Untuk Indonesia. Kedua, melatih keterampilan dalam pelaksanaan operasi pemadaman kebakaran dan penyelamatan serta bagaimana melakukan pertolongan awal pada korban yang mengalami cedera,” jelasnya. 

Lebih lanjut Satriyadi juga menghimbau para petugas untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah masing masing.

“Mari kita tingkatkan peran aktif masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran", tandasnya. (JS)