Walikota Jakarta Timur Tinjau Pembuatan Sheet Pile di Waduk Munjul

Jakarta Timur, (8/8/2023) – Demi memastikan kondisi waduk-waduk di Jakarta Timur berfungsi baik, Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan kondisi terkini. Salah satu yang ditinjau yakni Waduk Munjul di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (8/8/2023). 

Saat ini, Waduk Munjul sendiri masih dalam tahap proses pembuatan sheet pile  atau turap pembatas oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Sheet pile dibangun memanjang hingga 50 meter dengan ketinggian 5 meter. 

“Waduk Munjul terus disempurnakan, saat ini sedang dikerjakan pembuatan sheet pile atau tanggul sepanjang 50 meter dengan tinggi kurang lebih 5 meter agar tidak longsor jalan disekitar waduk karena tergerus air waduk,” kata Walikota. 

Walikota menjelaskan, kendati Waduk Munjul yang dibangun sejak 2022, masih dalam tahap penyelesaian, waduk sudah berfungsi dengan baik, seperti yang disampaikan Dewan Kota Cipayung bahwa RW 04 dan RW 05 Kelurahan Munjul  sudah tidak lagi tergenang sejak adanya waduk. Selain pembuatan sheet pile, ada beberapa kegiatan lain yang akan dilakukan di sekitar waduk. Seperti pembuatan balai warga, pemagaran, normalisasi saluran Gendong. 

“Supaya seluruh saluran air di lingkungan warga dialirkan ke Waduk Munjul sehingga tidak terjadi genangan dan banjir di lingkungan warga. Akan ada juga pengerukan sedimen di Waduk Munjul, namun karena masih tahap pembuatan sheet pile kita selesaikan terlebih dahulu agar pengerjaan berjalan baik,” jelasnya. 

Sementara itu, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) RW 04 Kelurahan Munjul, Supriyanto, mengatakan aliran saluran penghubung di wilayah Kelurahan Munjul sudah terhubung ke waduk. Namun, masih ada tiga RT yang perlu mendapat perhatian khusus, yakni RT 05, RT 08 dan RT 09. 

“Ada satu titik di RT 05, yang masih ada genangan karena berada di bawah jalan, dan RT 08 dan RT 09 juga salurannya berada di bawah jalan. Jadi, perlu ada penanganan khusus dari Sudin terkait, karena biasanya jika air Waduk Munjul naik, air akan balik ke wilayah warga di tiga titik ini. Walau genangannya hanya 10 cm, tetapi perlu ada perbaikan dari Sudin terkait, agar tidak ada genangan kembali di wilayah tersebut,” ungkapnya. (JS)