Walikota Tinjau Pembangunan Saluran Air di Jalan Swadaya

Jakarta Timur, (8/8/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan tinjauan pembangunan saluran air di Jalan Swadaya, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Selasa (8/8/2023). Dalam tinjauan itu, Walikota berharap proses pembangunan dapat berjalan lancar hingga manfaatnya dapat segera dirasakan warga. 

Dari pantauan Walikota, proses pembangunan dengan metode jacking sudah dilakukan para pekerja. Proses ini diharapkan akan lebih cepat setelah berbagai peralatan yang dibutuhkan akan segera datang secara lengkap, pekan depan. 

Harus diakui, penggunaan metode jacking harus dilakukan dalam pembangunan saluran air di Jalan Swadaya karena keterbatasan lahan dan kontur tanah yang tidak rata. Metode ini digunakan untuk jalanan yang menanjak dan menurun. 

“Metode Jacking ini kita lakukan karena keterbatasan lahan dan kontur tanah yang tidak rata. Selain itu, aliran air saat hujan pun tidak ada pembuangannya makanya di wilayah tersebut selalu ada genangan. Jadi, kita buat metode jacking pengeboran tanah dan jalan, disalurkan ke saluran Phb (Penghubung) Sapi Perah agar tidak lagi ada genangan dan banjir di wilayah tersebut,” ungkapnya. 

Selain metode Jacking, pembangunan saluran di Jalan Swadaya juga menggunakan u-ditch di sepanjang jalan, terutama jalan yang mendatar. Jalan Swadaya sendiri kerap mengalami genangan karena tidak ada saluran pembuangan. Proses pembangunan diharapkan rampung di pertengahan Desember. (JS)