Walikota Hadiri Pemotongan 2,2 KM Kabel Optik Semrawut di Jalan Raden Inten II Duren Sawit

Walikota Hadiri Pemotongan 2,2 KM Kabel Optik Semrawut di Jalan Raden Inten II Duren Sawit


Jakarta Timur, (15/8/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri kegiatan pemotongan kabel optik yang menjuntai semrawut di Jalan Raden Inten II Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (15/8/2023). 

Melalui Suku Dinas Binamarga Kota Jakarta Timur, dari 17 provider kabel fiber optik, berhasil dipotong kabel sepanjang 2,2 kilometer di sisi timur sepanjang Raden Inten. Dimulai dari lampu merah Universitas Darma Persada hingga Jalan Laksamana Malahayati. Kegiatan tersebut merupakan dukungan pembangunan sistem jaringan utilitas terpadu (SJUT) atau disebut ducting system sesuai Peraturan Gubernur DKI Nomor 106 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Infrastruktur Jaringan Utilitas.

“Kita akan lakukan terus penataan dan akan kita lakukan secara bertahap pemotongan kabel semrawut dari Raden Inten kita akan ke Pahlawan Revolusi dan Laut Arafuru Kecamatan Duren Sawit. Intinya ini bagian dari penataan kawasan kota yang lebih baik,” kata Walikota.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Jakarta Timur, Benhard Hutajulu, mengatakan kegiatan penataan kabel udara optik provider yang menjuntai ini mengerahkan 40 personel gabungan dari Satgas Sudin Bina Marga Jakarta Timur dan Apjatel (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi).  Penataan kabel udara sekaligus berbarengan penataan pedestrian.

“Jadi kita minta satu minggu seluruh kabel optik udara yang menjuntai sudah tidak ada lagi, dan ini juga bagian dari pengerjaan penataan trotoar bersama Apjatel yang menyiapkan subduck untuk memperindah dan memberikan rasa aman bagi warga,” pungkasnya. 

Sementara itu, perwakilan Apjatel, Anton, mengatakan pihaknya menargetkan penertiban 200 kilometer kabel udara bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Saat ini, masih dalam tahap penertiban di beberapa tempat, di antaranya di Jalan Laut Arafuru, Duren Sawit, lalu di Velodrome, Pulogadung dan berikutnya di Jalan Raya Bekasi, Cakung.

“Sejauh ini, sudah kita selesaikan penertiban bersama Dinas Bina Marga diwilayah DKI Jakarta sebanyak 140 kilometer kabel udara yang menjuntai,” ucapnya. (AJ)