Hijaukan Jakarta dan Kurangi Polusi, 1.500 Pohon Ditanam Sepanjang 5,2 Km di Kolong Tol Becakayu

Jakarta Timur, (19/8/2023) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan aksi penghijauan dengan penanaman sebanyak 1.500 tanaman bersama PT Bank Maybank Indonesia (Maybank Indonesia) di kolong Tol Becakayu, Jalan Laksamana Malahayati, Jakarta Timur, Sabtu (19/8/2023).

Penanaman difokuskan di dua sisi kolong Tol Becakayu yang berada di dua wilayah, yakni Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar dan Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit. Penanaman dilakukan secara simbolis dan dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dampingi Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, beserta jajaran.

Aksi tanam pohon bertemakan ‘Untuk Bumi Indonesiaku’ diinisiasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78  Republik Indonesia. Ada dua jenis tanaman penyerap polusi yang ditanam, yakni 1.000 pohon ketapang kencana (yang berfungsi sebagai tanaman penyerap polusi udara) dan 500 tanaman alpukat cipedak (menyerap panas dan tanaman produktif) serta tanaman refugia bunga kuning (tanaman antihama).

“Apresiasi tinggi kami sampaikan kepada Maybank yang telah berkontribusi atas penambahan ruang terbuka hijau di DKI,” kata Pj Gubernur. 

Menurut Pj, DKI Jakarta secara konsisten melakukan penghijauan. Pada Juli lalu, sudah ditanam 25 ribu pohon setinggi 3 meter dari berbagai jenis tanaman untuk menambah ruang terbuka hijau. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa menggerakkan semua pihak dalam melestarikan alam di daerah perkotaan.

“Saya minta semua stakeholder yang ada di Jakarta untuk mengikuti Maybank menanam pohon,” imbuhnya. 

Hal senada dikatakan Walikota Jakarta Timur, M. Anwar. Menurutnya, Maybank telah membantu menghijaukan cakupan area yang cukup besar di sepanjang 5,2 kilometer kolong Tol Becakayu.

“Tentunya ini bagian dari upaya Pemerintah dalam  menjaga ekosistem lingkungan untuk dapat terjaga baik bagi kehidupan warga Jakarta,” ujarnya. 

Sementara itu, Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, menjelaskan kegiatan ini dapat membantu mengurangi polusi udara dan perubahan iklim yang tengah terjadi.

”Seperti yang disampaikan Pak Gubernur, sepanjang Tol Becakayu ini kita tanamkan tanaman baik tanaman atas maupun tanaman bawah. Kiranya juga bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih ke Pak Gubernur dan Walikota dan juga jajarannya, yang sudah menfasilitasi kami, sehingga kami dapat menyelenggarakan program CSR day hari ini,” ungkapnya. (AJ)