Walikota Jakarta Timur Serahkan Piala Walikota Berkuda di JIEP Pulomas Jaya

Jakarta Timur, (20/8/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyerahkan piala Kejuaraan Equinara Horse Sport di Equinara Horse Sport, Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas Jaya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (20/8/2023).

Walikota mengapresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan Equinara Horse Sport, yang merupakan salah satu kualifikasi untuk nomor tunggang serasi dua Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. 

“Tentunya hal ini kita bukan hanya mencari juara, tapi babak kualifikasi PON, bagaimana kita mensosialisasikan berkuda kepada masyarakat DKI Jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, kejuaraan tersebut juga sekaligus mensosialisasikan olahraga berkuda kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Timur.

“Kita di Jakarta Timur, warga saya hampir 3,6 juta, saya kita bibit banyak, ada KONI, bibit-bibit banyak, bagaimana kita mengajak, mengedukasi mereka untuk ikut turut dalam kegiatan ini, sehingga kita mendapat bibit-bibit yang lebih baik, lebih unggul bisa tampil di kancah internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Equinara Horse Sport, Adinda Yuanita, menjelaskan dalam kejuaraan tersebut ada beberapa nomor. Salah satunya Piala Walikota Jakarta Timur, yang merupakan babak kualifikasi PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024, yang merupakan agenda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI).

“Jadi nomor-nomor yang dipertandingkan ini ada yang memang babak kualifikasi, kebetulan untuk piala Walikota ini adalah salah satu kelas, yang akan dipertandingkan di PON. Jadi, anak-anak ini yang sudah menang ataupun juara dengan point tertentu itu lolos untuk mengikuti PON,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, lomba yang berlangsung dua hari (19-20 Agustus 2023) merupakan sesi kedua. Sesi pertama sudah dilaksanakan pada Maret 2023 lalu. 

Lomba diikuti lebih 100 atlet berkuda dengan 8 kelas dressage, yakni dressage prix st. Georges open, dressage medium open, esc Cat. B Preliminary FEI open, dressage advance open, esc  Cat. A elementary open, esc Cat. C Preliminary German open, esc Cat. D walk trot open, dan esc Cat. E children and pony championship U14, dengan peserta di bawah umur 14 tahun dan umum.

“Di Jakarta Timur ini kegiatan ini yang pertama kita akan menggali bibit-bibit prestasi, semakin banyak kita mengenal bibit-bibit prestasi ini tentunya prestasi kita akan meningkat, karena potensi semakin meningkat,” tuturnya. 

Salah satu atlet berkuda, Teuku Rifat Renanda Harsya (14th) yang meraih juara, menyampaikan rasa senangnya mendapatkan juara Piala Walikota Jakarta Timur, yang langsung diserahkan oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur, nantinya ia melanjutkan kegiatan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan PON XXI.

“Tentunya rasanya sangat senang, bersyukur bisa juara piala Walikota ini dan insya Allah bisa lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Sharla Martiza, salah satu pengunjung yang ingin menyaksikan kejuaraan berkuda tersebut. Ia menyampaikan, kejuaraan tersebut sangatlah bagus untuk atlet muda untuk mengembangkan bakatnya, ia pun terhibur dengan adanya kejuaraan berkuda di JIEP Pulomas Jaya.

“Karena saya suka berkuda tunggang serasi, saya terhibur sebagai penonton,” ungkapnya. (AD)