HBKB Jakarta Timur, Walikota Ajak Masyarakat Berperan Kurangi Polusi di Jakarta

Jakarta Timur, (27/8/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengajak masyarakat ikut berperan dalam mengurangi polusi di Jakarta. Hal itu diungkapkan Walikota dalam kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Pemuda, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Walikota mengatakan, kegiatan HBKB merupakan upaya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengkampanyekan mengurangi polusi udara di Jakarta yang beberapa hari belakangan kurang baik. “HBKB dalam rangka mengurangi gas buang atau polusi udara karena di Jakarta memang udara kurang baik, kita berupaya,” katanya. 

Walikota juga mengimbau masyarakat untuk ikut berperan dalam mengurangi polusi udara di Jakarta. Caranya, dengan menggunakan moda transportasi umum yang sudah disediakan pemerintah dan tidak melakukan pembakaran sampah. 

“Saya imbau warga kami yang di Jakarta Timur, sebaiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massa yang sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta. Hindari pembakaran terbuka seperti membakar sampah, sebaiknya tidak ada lagi, dan saya perintahkan kepada jajaran kami agar di-OTT (operasi tangkap tangan),” ujarnya. 

Ia menambahkan, perusahaan swasta juga diharapkan dapat memberlakukan Work From Home (WFH) guna mengurangi mobilitas kendaraan yang dapat mengurangi kualitas udara. Seperti yang dicontohkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta yang mencapai 50 persen menjalani WFH. 

“Para pengusaha yang ada di DKI Jakarta, misalnya kantor swasta menyesuaikan kalau bisa WFH, WFH saja, agar mengurangi kemacetan, dengan macet pasti gas buangnya banyak. Dengan bekerja di rumah lebih efektif lebih efisien mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta,” jelasnya.

Masyarakat diimbau menyesuaikan kondisi yang ada. Walikota menjekaskan, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendirian tanpa bantuan dari warga dan dukungan masyarakat serta stakeholder lainnya. 

“Kalau ASN sudah WFH 50 persen, ini masyarakat harus menyesuaikan kondisi yang ada, bagaimana kita bersama mengurangi gas buang di DKI Jakarta ini, bukan hanya ASN tapi juga masyarakatnya bersama-sama, pemerintah tidak akan bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat, stakeholder yang ada,” ungkap Walikota. 

Sementara itu, salah seorang pengunjung HBKB, Nurhayati, warga RT 02 RW 07, Kelurahan Jatinegara Kaum, menilai HBKB kegiatan sangat baik, dan warga bisa berolahraga juga dapat mengurangi polusi udara.

“Bagus ya, bisa olahraga di sini untuk kesehatan. Sekaligus juga membantu tidak adanya polusi bisa menjadi sehat,” ucapnya.

Dalam kegiatan HBKB tersebut beragam kegiatan digelar, di antaranya pertunjukan seni, pembagian doorprize hingga aktivitas olahraga. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. (AD)