156 Anggota PKK Jakarta Timur Ikuti Sosialisasi Tertib Kearsipan

Jakarta Timur, (28/8/2023) – Pengelolaan arsip yang baik dan benar akan memudahkan dalam pengelolaan informasi. Inilah yang ditekankan dalam Gerakan Sadar Tertib Arsip bagi Tim Penggerak PKK di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur 2023 yang berlangsung di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Perpusif) Kota Administrasi Jakarta Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (28/8/2023). 

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, yang membuka sekaligus memimpin kegiatan mengatakan, menyimpan serta mengelola kearsipan dengan baik, akan memudahkan dalam penyajian data-data kearsipan ataupun dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat.

“Awal pengelolaan arsip saja, bagaimana kita melakukan tertib arsip dengan baik, tepat, cepat dan aman,” kata Diah. 

Dalam kegiatan yang juga diikuti Tim Penggerak PKK tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan Tim Penggerak PKK Kelurahan, Diah menyebutkan, kegiatan tertib arsip rutin dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, seperti kearsipan PKK, kearsipan masyrakat hingga kearsipan anak-anak.

“Jadi pada saat melakukan lomba di tingkat Provinsi DKI data-datanya ada tidak ada yang hilang. Harapan saya, semoga para Tim Penggerak PKK dapat menglola arsip dengan baik, arsip itu bisa untuk penciptaannya kemudian penggunaan dan pemeliharaan juga penyusunan arsip itu dilakukan dengan baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Sudin Perpusif Kota Administrasi Jakarta Timur, Komiasih, menjelaskan peserta yang mengikuti gerakan tertib arsip tersebut yakni 156 peserta dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan yang dibagi dalam dua sesi, pagi dan siang. Mereka mendapatkan materi tentang kearsipan organisasi PKK dan kearsipaan keluarga, yang diberikan oleh narasumber kearsipan, Pasiem, yang merupakan pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia wilayah DKI Jakarta.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini agar pengelola arsip terutama yang PKK itu bisa mengelola dengan benar dan baik serta cepat,” ujarnya.

Salah satu peserta, Herfra Guslani Sari, anggota TP PKK Kelurahan Utan Kayu Utara mengungkapkan, menyambut baik adanya gerakan tertib arsip bagi Tim Penggerak PKK. Gerakan ini akan membantu PKK dalam mengelola arsip keorganisasian PKK ataupun masyarakat dengan baik dan tepat.

“Dengan adanya gerakan tertib arsip bagi PKK di lingkungan wilayah ini, maka dengan gerakan ini kita dapat menertibkan semua arsip yang ada di kelembagaan kita, baik kearsipan yang inaktif ataupun yang aktif. Kita juga dapat memahami apa saja arsip-arsip yang dapat kita kelola secara baik dan benar,” ungkapnya. (AD)