Para Kader Kelurahan Setu Ikuti Edukasi Penanganan Stunting

Jakarta Timur, (30/8/2023) – Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, Kelurahan Setu menggelar Sosialisasi Peningkatan Wawasan Pencegahan dan Penanganan Stunting di Aula Kantor Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (29/8/2023). Kegiatan diikuti 50 peserta yang merupakan kader PKK, Dasawisma dan Posyandu se-Kelurahan Setu.

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, menjelaskan, sosialisasi melibatkan para kader, khususnya kader Dasawisma dan Posyandu karena mereka memiliki kedekatan dengan para ibu, khusus, dengan ibu-ibu yang anaknya mendapatkan layanan di Posyandu.

“Kita ingin mempersiapkan para balita yang ada sebagai SDM yang unggul. Untuk mewujudkan ini  tentu butuh kerjasama dengan  orangtua balita, agar asupan gizinya tercukupi,” kata Ritonga kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Rabu (30/8/2023).

Dalam sosialiasi ini menghadirkan narasumber yang membahas tentang gizi anak dan tumbuh kembang, Cut Kemala Handayani dan Fitria Mahrunnisa. Acara juga diwarnai pelatihan pembuatan makanan berbahan dasar ikan.

Camat Cipayung berharap, para peserta dapat ketok tularkan pengetahuan yang didapat kepada ibu-ibu di wilayah mereka masing-masing. “Ini semua demi pencegahan stunting, karena targetnya pada 2024, kita berharap bebas dari stunting,” ujarnya.

Sementara, Lurah Setu, Dwi Widiastuti menambahkan, sosialisasi diperlukan karena kasus stunting disebabkan oleh banyak faktor maka para kader harus dapat memiliki pengetahuan yang luas. Nantinya, mereka bisa mengedukasi masyarakat dalam pencegahannya.

“Kita berikan motivasi ke kader PKK yang hadir. Bahwa tugas kader itu sangat mulia karena banyak menolong orang. Karena itu, kader harus tetap semangat dan terus bersinergi dalam mengatasi stunting,” ungkapnya. (JS)