Pemkot Jakarta Timur Terus Dorong CSR dan Seluruh Elemen Masyarakat Melakukan Penghijauan

Jakarta Timur, (1/9/2023) – Sebagai upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan aksi penanaman pohon di kolong  Tol Becakayu, Jalan Laksamana Malahayati, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (1/9/2023). 

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Deny Yuslian, aksi penanaman pohon dipimpin langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar. 

Tercatat, ada 70 pohon yang ditanam, terdiri dari 40 pohon tabebuya dan 30 pohon ketapang kencana, yang masing-masing diameter 15-20 sentimeter dengan tinggi 3 sampai 4 meter. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan CSR (Corporate social responsibility) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, hari ini yang kesekian kalinya, kita menanam pohon di sepanjang kolong Tol Becakayu, kali ini kita bersama BPJS Ketenagakerjaan dengan 70 pohon yang berfungsi sebagai tanaman penyerap polusi udara,” kata Walikota. 

Dijelaskan Walikota, penanaman pohon dengan ini juga akan berlangsung pada lokasi lainnya secara merata di Jakarta Timur. Salah satunya akan dilakukan aksi penanaman berikutnya, yakni 12.000 pohon di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Kecamatan Cakung.

“Dengan ini kita juga meminta kepada seluruh elemen di Jakarta Timur agar memanfaatkan ruang terbuka hijau termasuk perkantoran untuk terus melakukan penghijauan, sehingga upaya kita bersama dalam mengembalikan kualitas udara di Jakarta dapat maksimal,” imbuhnya. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta, Deny Yuslian menambahkan, aksi penanaman pohon ini dihelat hasil dari swadaya bersama para pegawainya di wilayah Jakarta Timur.

“Ini kolaborasi dari BPSJ Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Ceger, Pulogebang bersama Walikota Jakarta Timur, untuk peduli lingkungan, utamanya dalam memperbaiki kualitas udara di Jakarta,” jelasnya. 

Sementara itu, Lurah Pondok Kelapa, Rasikin, mengaku senang di wilayahnya dilakukan penanaman pohon bersama Walikota Administrasi Jakarta Timur dan BPJS Ketenagakerjaan. Ia bersama warga berjanji menjaga dan memelihara pohon tersebut guna kepentingan bersama.

“Kita kerahkan jajaran Kelurahan dan PPSU untuk merawat dan menjaga agar tumbuh subur sehingga bermanfaat besar bagi lingkungan,” ucapnya. (AJ)