Pemkot Jakarta Timur Membuka Apresiasi dan Kompetisi Seni Pelajar Se-Jakarta Timur 2023

Jakarta Timur, (4/9/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur secara resmi membuka kegiatan Apresiasi dan Kompetisi Seni Pelajar se-Jakarta Timur 2023 di Gedung PPSB (Pusat Pelatihan Seni Budaya) Kisam Dji'un Jalan H. Naman Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Senin (4/9/2023). 

Kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Timur dibuka langsung Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin. 

Apresiasi dan Kompetisi Seni Pelajar se-Jakarta Timur 2023 ini berlangsung selama empat hari, 4-7 September, yang diikuti 217 peserta kelompok dan 54 orang peserta perorangan dari siswa TK, SD, SMP sampai SLTA. Mereka akan menampilkan berbagai lomba antara lain, lomba seni suara vokal group, seni tari, musikalisasi puisi, seni lukis atau menggambar, hingga paduan suara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelajar dalam menyalurkan dan mengembangkan bakat di bidang seni serta menumbuhkembangkan jiwa berkompetisi sejak dini,” kata Achmad.

Dirinya juga meminta pada seluruh siswa-siswi untuk terus beraktivitas dalam mengekspresikan bakat-bakat potensial yang mereka miliki. Dengan demikian lebih memotivasi untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian yang ada guna mengukir prestasi.

“Tentunya, ini merupakan wujud nyata dari pembinaan dan pengembangan seni budaya di Jakarta yang merupakan Ibu Kota negara, sehingga dari yang dihasilkan dapat menjadi karya untuk Nusantara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala  Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur, Berkah Shadaya, mengungkapkan apresiasi dan kompetisi seni bagi pelajar tingkat kota Jakarta Timur yang merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan mutu seni dan budaya dalam mempromosikan pariwisata DKI Jakarta.

“Diharapkan pemenangnya akan dikompetisikan ke tingkat provinsi,” ujarnya. 

Bunda Putri dari TK Aisyah Rawamangun, mengaku senang group TK Aisyah bisa berpartisipasi mengikuti lomba seni tari. Dirinya, berharap kegiatan ini dapat terus berjalan sehingga dapat meningkatkan kualitas kreativitas anak.

“10 dari peserta didik kami ikut dan alhamdulillah bisa tampil terbaik, semoga hasilnya maksimal,” ungkapnya. (AJ)