Walikota Tinjau Pembangunan Saluran di Jalan Swadaya Pondok Ranggon

Jakarta Timur, (5/9/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan pembangunan saluran air metode jacking di Jalan Swadaya Kelurahan Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (5/9/2023). Dari pemantauan, empat titik lubang pembangunan metode jacking sudah dilakukan. 

Metode jacking sendiri merupakan proses pemasangan pipa saluran di bawah permukaan jalan dengan melakukan pengeboran tanah, kemudian pipa-pipa itu didorong dengan menggunakan tekanan atau alat hidrolik. Metode ini digunakan dalam pembangunan saluran di Jalan Swadaya, terutama untuk kontur tanah yang menurun. 

Dari pantauan, empat titik lubang dibor sedalam kurang lebih tiga meter yang terletak di Jalan Swadaya RW 06 Kelurahan Pondok Ranggon. “Kita gunakan metode jacking karena kontur tanahnya tidak rata ada yang menanjak dan menurun, pengerjaan ini selama lima bulan dan mudah-mudahan pembangunan lancar sehingga warga tidak tergenang lagi saat hujan,” kata Walikota. 

Walikota yang didampingi Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Lurah Pondok Ranggon Jenuri dan Kepala Satuan Pelaksana Sudin SDA Kecamatan Cipayung Dian berharap, saluran menjadi solusi penyelesaian genangan di wilayah RW 05 yang kerap dialami saat musim hujan. 

“Pembangunan saluran ini untuk menyelesaikan permasalahan genangan di wilayah RW 05 Kelurahan Pondok Ranggon, karena wilayahnya rendah, jadi di saat hujan deras selalu terjadi genangan dan masuk ke rumah warga,” tandas Walikota. (JS)