Zero Stunting, Jajaran Kelurahan Balimester Tetap Lakukan Intervensi Pencegahan Stunting 

Jakarta Timur, (6/9/2023)  - Kendati zero atau nol stunting, Kelurahan Balimester tetap melakukan intervensi pencegahan stunting dengan menggelar Gebyar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di RW 04 Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (6/9/2023).

Lurah Balimester, Nugroho Maduning Buwono, mengatakan walaupun jajarannya telah berupaya menangani stunting di Kelurahan Balimester hingga zero stunting sejak November 2022, namun pihaknya terus melakukan intervensi terhadap anak-anak yang berpotensi stunting. Ia menyebutkan saat ini ada 5 balita yang berstatus gizi kurang dan berpotensi stunting. 

Kegiatan Gebyar Posyandu meliputi pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, hingga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) seperti 1 hari 1 telur dan 1 gelas susu. Program tersebut dijalankan bersamaan dengan 1 Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi orang tua asuh untuk 1 balita gizi kurang, gizi buruk, dan stunting.

“Setiap hari kami (Lurah, Sekretaris Lurah, dan para Kepala Seksi), mengunjungi balita tersebut. Memberikan makanan berupa telur dan susu minimal ‘one day one egg one milk’. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk memastikan bahwa makanan tersebut benar-benar dikonsumsi si balita,” tutur Nugroho.

Ia berharap dengan kegiatan Posyandu juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kelurahan Balimester dalam menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup yang sehat. Lewat Posyandu juga masyarakat bisa mendapatkan edukasi dalam menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

“Harapan ke depan, dengan adanya Posyandu maka kesadaran masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya semakin tinggi, sehingga masyarakat dapat hidup sehat dan mandiri,” pungkasnya. (AD)