200 Personel Ikuti Kerja Bakti Jelang Penanaman Pohon Bersama di Cakung

Jakarta Timur, (7/9/2023) - Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, memimpin apel kerja bakti dalam rangka rencana penanaman pohon bersama di Jalan Rawa Sumur, Kawasan Industri PT. JIEP, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/9/2023).

Kusmanto mengatakan, kerja bakti melibatkan 200 petugas gabungan, yang terdiri dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Rawa Terate dan Kelurahan Jatinegara hingga pihak PT. JIEP. Sementara alat yang diturunkan berupa 1 unit truk pemadam kebakaran, 6 unit excavator, dan 10 unit dumb truck.

“Hari ini kami melaksanakan aksi kerja bakti dalam rangka pelaksanaan penghijauan yang akan dilaksanakan dari Kementerian dan Pak Presiden RI, yang rencana minggu depan, kita harus mempersiapkan segala sesuatu di lapangan,” katanya. 

Ia menyebutkan kerja bakti meliputi pembersihan lokasi penanaman pohon, pemberian pupuk, membuat lubang media tanam hingga menata bangunan-bangunan yang tidak sesuai dengan peraturan.

“Yang kami kerjakan berupa pembersihan lahan, kemudian pembuatan lubang pemberian pupuk, menyediakan media untuk tanam, nanti juga akan menertibkan bangunan yang tidak sesuai yang dianggap bangunan liar,” jelasnya. 

Ia berharap kegiatan penanaman yang dilaksanakan bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI berjalan dengan lancar. Nantinya, hasil dari penanaman pohon akan menjadi hutan kota yang dapat mengurangi polusi udara di Kawasan Industri PT. JIEP Kecamatan Cakung.

“Harapan ke depan ini diperuntukan hutan kota, lebih kelihatan fungsinya sebagai hutan kota. Kalau dilihat saat ini, pohonnya sangat jarang, sangat gersang jadi mudah-mudahan dengan adanya penanaman pohon ini bisa membuat suasana di kawasan JIEP lebih teduh lagi,” pungkasnya.

Rencananya, total tanaman yang akan ditanam sekitar 620 - 830 pohon dengan berbagai jenis. Seperti pohon pule, pohon bungur, pohon flamboyan, pohon sawo kecik, pohon mahoni, pohon trembesi, pohon ketapang kencana, pohon matoa, dan pohon nangka. (AD)