Pemkot Jakarta Timur Ajak Ormas Se-Jakarta Timur Sukseskan Pemilu 2024

Jakarta Timur, (12/9/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Sosialisasi Sukses Pemilu 2024 di Aula Gedung Pelatihan Serbaguna PPKD (Pusat Pelatihan Kerja Daerah) Jakarta Timur, Jalan H. Naman, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan yang diikuti 100 peserta dari 30 Organisasi Masyarakat (Ormas) se-Jakarta Timur diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Inspektur Pembantu Kota Administrasi Jakarta Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dibuka langsung Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah. Hadir juga dalam kegiatan itu, Ketua KPU Jakarta Timur Tedi Kurnia dan anggota Bawaslu Jakarta Timur Taufik Hidayatullah sebagai narasumber. 

Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengatakan, sosialiasi merupakan langkah strategis yang memiliki nilai penting sebagai bentuk pendidikan politik demi mengulang sukses penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jakarta Timur. Kegiatan sekaligus sebagai bentuk peneguhan atas komitmen pemerintah daerah dalam memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu, sebagaimana yang diamanahkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Ditegaskan Wakil Walikota, penyelenggaraan kesuksesan Pemilu dimulai dari saat penyelengaraan, hitungan hingga penetapan Pemilu 2024 mendatang. “Sepatutnya, kita menyadari bersama bahwa penyelenggaraan Pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi haruslah disukseskan melalui peran serta berbagai pihak. Oleh karena itu, diharapkan para ormas untuk dapat berpartisipasi dalam menjaga iklim daerah yang kondusif serta mensosialisasikan pada para peserta pemilu pemula, sehingga kesuksesan penyelenggaraan Pemilu dapat kembali diraih di Jakarta Timur,” kata Wakil Walikota. 

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko Murhestriyarso menambahkan, sosialiasi bertujuan untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas partisipasi politik dalam Pemilu 2024.

“Capaian teman teman ormas di Jakarta Timur dimulai dari Kelurahan Kecamatan hingga kota dapat berkontribusi sehingga sukses Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan aman nyaman lancar dan kondusif," ujarnya.

Musa Marsabesy, salah satu perwakilan Ormas di Jakarta Timur yang hadir dalam sosialisasi mengaku, pihaknya akan berkontribusi aktif menjaga kekondusifan wilayah dalam mendukung pemerintah dihelatan Pemilu 2024.
“Ini bekal kita dalam mendukung suksesnya pemilu 2024 yang aman damai dan kondusif,” ucapnya. (AJ)