Labu Madu Diharapkan Turunkan Angka Stunting di Jakarta Timur

Jakarta Timur, (15/9/2023) - Ketua Pokja III Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Linda Kusmanto, mengatakan Pokja III telah melakukan lomba TiTa LaMa (Timur Tanam Labu Madu) 2023 tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur. Lomba diawali dengan penyemaian bibit Labu Madu pada 16 Juni 2023 dan diikuti sebanyak 10 kelompok dari 10 kecamatan se-Jakarta Timur.

“Lomba ini berlangsung selama 4 bulan, dimana penilaian dilakukan pada 25 dan 28 Agustus 2023 oleh tim juri dari PT. East West Seed Indonesia, Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur, Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, dan PT. Unilever,” jelas Linda di Ruang Pola, Lantai 2, Gedung Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (15/09/2023).

Menurutnya, labu madu dipilih karena memiliki banyak vitamin. Dari program ini juga Pokja III bisa ikut andil dalam menurunkan angka stunting yang ada di Jakarta Timur, dan buah labu madu ini diharapkan bisa menambahkan penghasilan keluarga.

“Kedepannya diharapkan buah labu madu ini bisa menjadi salah satu tanaman yang bisa diunggulkan di Jakarta Timur selain tanaman lidah buaya,” ujar Linda.

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary PT. East West  Seed Indonesia, Faisal Reza, menjelaskan lomba labu madu ini sangat sesuai dengan apa yang pihaknya ingin capai dalam hal meningkatkan nutrisi dan kosumsi sayuran untuk masyarakat.

“Untuk itu kami akan terus memberikan dukungan mulai dari pemberian bibit, dan memberikan pendampingan dalam melakukan penyemaian,” ujarnya

Juara pertama Lomba TiTa LaMa, Roro Datik, mengatakan, dalam upaya menurunkan angka stunting pihaknya bersama dengan Tim Penggerak PKK Jakarta Timur akan memberikan labu madu ini kepada masyarakat untuk dikonsumsi.

“Menanam labu madu tidak terlalu susah, modal utama selain sarana dan prasarana adalah telaten dan sabar, karena labu madu ini mempunyai karakteristik yang berbeda yaitu suksesnya suatu buah ditentukan dari hasil mengawinkan antara bunga jatan dan betina,” papar Roro.

Sementara untuk detail pemenang lomba TiTa LaMa (Timur Tanam Labu Madu) 2023 yakni Juara I dari Kebun Pemula Kuda Laut RW 08 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulo Gadung, Juara II Kelas Berkebun Lanjutan RW 06 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, dan Juara III Kelas Berkebun Pemula Mas Naga RW 03 Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Cakung. Sementara Juara Harapan I, Kelas Berkebun Pemula RW 10 Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, dan Juara Harapan II Kelas Berkebun Pemula Cililitan Kecil RW 07 Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati. (ID)