Stand Flona Jakarta Timur Bangkitkan Energi Jakarta untuk Hijau Nusantara

Jakarta Timur, (16/9/2023) – Stand Kota Administrasi Jakarta Timur tampil berbeda di Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2023.  Penuh makna dan memiliki nilai nasionalisme tinggi.

Mengangkat tema "Energi Jakarta untuk Hijau Nusantara", Jakarta Timur menghadirkan konsep bentuk pelita. Konsep ini mengandung tema sumber cahaya semangat yang berkobar dengan kombinasi pipa sebanyak 38 batang, representasi jumlah provinsi di Indonesia. Sementara pilar hijau menggambarkan Indonesia sebagai Zamrud Khatulistiwa.

Di stand juga terdapat bilah gapura sebanyak 6 buah menggambarkan 5 Wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten di DKI Jakarta. Sebuah gapura sebagai simbol menyambut kedatangan Ibu Kota Negara Baru.

Pohon Hayat juga hadir di dalam stand. Pohon ini menggambarkan kedekatan bangsa Indonesia dengan pohon sebagai sumber kehidupan dan lambang kesuburan, kenyamanan dan keberlangsungan hidup. Sementara jendela di dalam stand sebagai gambaran Jakarta sebagai etalase keberagaman Indonesia.

“Konsep ini kita tujukan sebagai gambaran edukasi bagi warga pengunjung yang disesuasikan tema Flona 2023 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Jakarta untuk Indonesia Lestari,” kata Walikota Jakarta Timur M. Anwar saat menghadiri pembukaan Pemeran  Flona (Flora dan Fauna) 2023 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (15/9/2023) malam.

Pemeran  Flona 2023 dibuka langsung Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Kegiatan tersebut dihelat hingga 16 oktober 2023 mendatang.

Pameran Flona adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang merupakan ruang pameran dengan menampilkan beragam jenis tanaman dan hewan dengan tujuan agar warga DKI Jakarta dapat menikmati dan mempelajari kekayaan flora dan fauna.

Wulan, warga RW 012 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung mengaku, senang bisa kembali menyambangi helatan Flona 2023. Pasalnya, tiap tahun dirinya kerap berkunjung untuk menikmati keindahan alam yangtelah disajikan dari tiap stand.

“Alhamdulillah bisa hadir kembali ke Flona ini sangat menghibur dan bagian dari saya dalam mencintai alam. Dan Stand Jakarta Timur kali ini unik dan menarik cukup nyaman indah dan bisa berfoto di stand ini, harapanya agar Kota Jakarta tetap lestari,” ungkapnya. (AJ)