Pastikan Tepat Sasaran, Walikota Jakarta Timur Turun Langsung Berikan PMT Cegah Anak Balita Stunting di Cakung

Jakarta Timur, (29/9/2023)  -  Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur melakukan upaya intervensi pencegahan stunting kepada 10 anak balita terindikasi stunting dengan memberikan langsung makanan bergizi diwilayah Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung. 

Salah satunya terhadap anak balita stunting di RW 03 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung mendapati asupan makanan bergizi langsung oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar. 

“Kita langsung berikan asupan makan gizi bagi balita terindikasi. Ini bagian dari monev (monitoring dan evaluasi). Setidaknya ini memberikan contoh bagi seluruh orang tua asuh agar pemberian PMT dapat dimakan langsung untuk perkembangan berat dan tinggi badan, sehingga upaya pencegahan stunting sesuai sasaran secara maksimal,” kata Walikota. 

Dalam kesepatan ini juga Walikota berikan berupa paket bantuan PMT bagi anak balita stunting yang dikelola oleh Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Timur. 

Dilanjutkan Walikota dirinya menegaskan bahwa pihaknya akan lakukan evaluasi bagi seluruh kinerja Kelurahan dan Kecamatan, sejauh mana mereka memberikan edukasi hingga pemberian asupan gizi seimbang dalam penanganan stunting. 

Pasalnya, dari hasil rapat dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, saat ini yang terpenting dalam penangulangan stunting yaitu pencegahan kurang gizi, dan gizi buruk.

“Kalau sudah stunting biaya besar. Kalau belum (terindikasi stunting) kita pantau selama 56 hari agar gizinya terpenuhi dengan baik, setelah itu kita timbang berat badannya, ukur tinggi badannya bertambah, berarti dia sudah bisa dikatakan tidak stunting,” jelasnya.

Sadiah salah satu orang tua dari balita terindikasi stunting, menyampaikan terima kasih kepada Walikota Administrasi Jakarta Timur beserta jajaran yang telah memperhatikan anaknya, bahkan datang langsung memberikan makanan bergizi kepada anaknya.

“Pak Wali makasih, bapa biar sehat Alhamdulillah anak saya dengan adanya pola asuh dan perhatian khsusus baginya sudah banyak perkembangan, semoga dapat segera sehat,” pungkasnya. (AJ)