Mooncake Festival, Diharapkan Menjadi Ajang Pemersatu Membangun Jakarta

Jakarta Timur, (29/9/2023) – Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan menghadiri Festival Mooncake atau Kue Bulan tahun 2023 di Old Shanghai Sedayu City, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/9/2023). 

Kegiatan yang berlangsung mulai 29 September - 1 Oktober 2023 tersebut diinisiasi oleh PINTI (Perempuan Perhimpunan Tionghoa Indonesia) merupakan sayap dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) yang dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Republik Indonesia, Bintang Puspayoga. Serta dimeriahkan dari 

beragam pertunjukan aksi seperti barongsai, lampion hias, tarian nusantara, hingga bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan budaya Tionghoa yang aman, berkembang, dan berkolaborasi budaya Nusantara.

“Ini bagian dari refleksi kita bersama bahwa Ibu Kota Jakarta adalah rumah bagi berbagai etnis agama hingga budaya. Disini kita bisa menemukan orang orang dari sudut tanah air hingga dunia, tentunya ini keberagaman yang menjadikan Kota Jakarta sebuah kota yang unik bertoleran,” kata Eka.

Ia juga menyampaikan bahwa kebergaman yang ada di Jakarta tidak hanya sekedar statisik. Namun, berdasarkan dari cerita hidup, pengalaman dan warisan dari setiap individu yang tinggal di Jakarta. 

Menurutnya, Tionghoa hingga Arab, dari India hingga Belanda, dari Jawa hingga Sumatera, Jakarta telah menjadi tempat di mana berbagai budaya berkumpul, berinteraksi, dan menggabungkan elemen-elemen unik mereka untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

“Dari sejarah itu, marilah momentum mooncake festival ini dijadikan sebagai ajang pemersatu semua lintas golongan dengan menyikapi keberagaman dengan bijak dalam membangun Jakarta yang lebih inklusif, adil dan harmonis bagi semua warganya,” pungkasnya.