Peringati Hari Pangan Sedunia, Gereja Santo Yoakim Bantu PMT untuk Balita Terindikasi Stunting

Jakarta Timur, (22/10/2023) - Apresiasi besar diberikan pihak Kelurahan Malaka Jaya terhadap para pengurus Gereja Santo Yoakhim yang ikut membantu pengentasan masalah stunting lewat Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pihak gereja dalam tiga bulan ke depan secara simultan akan memberikan makanan bergizi kepada lima anak terindikasi stunting. 

Hal itu diungkapkan Lurah Malaka Jaya, Asiyanto, saat menghadiri Peringatan Hari Pangan Sedunia 2023 di Gereja Santo Yoakhim, Jalan Nusa Indah IV RW 06 Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (22/10/2023). 

“Kami apresiasi. Ini bagian komitmen yang digagas Pak Wali bahwa keseriusan Pemkot Jakarta Timur dalam menanggulangi dan pencegahan stunting terus digencarkan keseluruh elemen termasuk pada semua pemangku agama di Jakarta Timur, seperti Pengurus Gereja Santo Yoakhim. Semoga ini bagian dari ikhtiar mewujudkan generasi bangsa Indonesia sehat dan hebat menuju masa yang akan datang,” katanya. 

Lebih lanjut dijelaskan Asiyanto, selama tiga bulan, kelima anak balita beresiko stunting di wilayahnya juga akan intens mendapati paket makanan bergizi. Tak lupa juga dirinya mengingatkan akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat di lingkungan. 

“Kita terus ingatkan akan pentingnya hidup bersih sehat, dan saya meyakini bahwa di Kelurahan Malaka Jaya akan sadar itu dan menjaganya kebersihan demi kesehatan bersama seperti mereka menjaga dn merawat kerukunan antar lintas agama,” imbuhnya. 

Sementara itu, tokoh agama Katolik, Romo Adrianus Patmo Seputro, menyampaikan  Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) untuk peduli terhadap masalah stunting dan mencari jalan baru untuk mewujudkan kepedulian ini dengan semangat kebersamaan. Ia mengkhawatirkan kendala dalam masa pertumbuhan akan membuat masa depan akan menjadi penuh tantangan yang harus diwaspadai. 

“Umat tergerak, umat datang juga menyadari pentingnya untuk bersungguh menjaga hidup sehat dengan makanan sehat dan bergizi, juga kita dampingi sehingga dapat tumbuh menjadi anak yang sehat mantap dan bertanggung jawab demi Indonesia kedepan,” ujarnya. 

Carolin, Ketua Panitia Peringatan Hari Pangan Sedunia 2023 Gereja Santo Yoakim Kelurahan Malaka Jaya, mengaku merasa senang kegiatan dapat berjalan baik sesuai tema yang diusung yakni ‘Solidaritas Pangan Sehat untuk Generasi Bebas Stunting’. 

"Selain pemberian menu tambahan bergizi kita akan memanfaatkan momen ini untuk bergerak aktif untuk stunting,” ungkapnya. 

Ketua Kelurahan Sadar Kerukunan (KSK) atau FKUB Kelurahan Malaka Jaya, H.M Syarkawi, mengaku senang Malaka Jaya dapat terus bersama-sama menjalani kegiatan positif.

”Ini berkah dukungan dan penguatan kerukunan, saya salut dengan keluarga Gereja Santo Yoakim mudah mudahan kebersamaan ini dapat terus berlanjut dan bermanfaat,” ucapnya. (AJ)