Walikota Jakarta Timur Pastikan Bahan Pangan di Pasar Rawamangun Aman Dikonsumsi

Jakarta Timur, (24/10/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga pangan dan kualitas pangan, di Pasar Rawamangun, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (24/10/2023). Sidak untuk memastikan harga dan kualitas pangan di pasar aman dan tidak mengandung bahan pengawet atau lainnya. 

Dari hasil sidak, Walikota memastikan, harga beberapa bahan pangan stabil. Hanya harga cabai mengalami kenaikan dari harga Rp50 ribu menjadi Rp70-80 ribu. 

“Tadi harga-harga relatif stabil, kecuali cabai, cabai rata-rata perkilo naik 20 ribu, daging dan yang lain stabil,” ujarnya.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, pengecekan beberapa pangan seperti daging, sayur mayur, cabai dan pangan dilakukan untuk memastikan yang dikonsumsi masyarakat aman dari zat-zat berbahaya. Apabila ditemukan akan dilakukan pembinaan baik dari penjual maupun penyuplai.

“Pengambilan sampling antara lain adalah daging dan sayur mayur yang kita akan cek di lab. Kita pastikan tanpa bahan pengawet seperti daging dan sebagainya. Ini salah satu upaya pemerintah memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat betul-betul higienis tidak mengandung bahan-bahan yang mengganggu kesehatan,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Pasar Rawamangun, Edi Pragoto, menyampaikan apabila nantinya bahan pangan yang mengandung zat berbahaya maka akan dilakukan pembinaan dan pemberhentian untuk penyuplai pangan. Namun begitu, ia memastikan bahan-bahan pangan di Pasar Rawamangun aman dari bahan berbahaya seperti pengawet dan lainnya.

“Bagi pedagang yang kedapatan atau mengandung formalin atau sejenisnya diberikan surat peringatan, penyuplainya kita stop bahan makanannya kita tarik semua,” jelasnya. (AD)