Peringati Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kelurahan Munjul Gelar Munjul Festival 2023

Jakarta Timur, (28/10/2023) - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kelurahan Munjul menggelar Munjul Festival 2023, di Komplek Polri Munjul RW 03, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023). 

Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka secara simbolis  festival dengan melakukan penabuhan rebana. Sebelum pembukaan, Wakil Walikota melakukan senam PORSI bersama kader PKK Kelurahan Munjul. 

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Ketua Karang Taruna Kelurahan Munjul dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023. Dari kegiatan ini menunjukkan semangat para anak-anak muda yang mendukung program-program pembangunan di wilayah DKI Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Timur.  Bagaimana para pemuda bisa harus selalu tampil," kata Wakil Walikota. 

Dalam kegiatan itu, Wakil Walikota didampingi Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Timur Puji Hastuti, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Reno, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, dan Plt Lurah Munjul Siti Nurhasanah. 

Munjul Festival menampilkan berbagai seni khas Betawi seperti Tari Sirih Kuning, dan  musik Betawi seperti Gambang Kromong. Kegiatan juga merangkul 13 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari seluruh RW di Kelurahan Munjul yang menjual berbagai macam kuliner. 

"Tentunya dari kegiatan Munjul Festival ini berbagai macam ditampilkan dari seni budaya Betawi, musik Betawi, senam dan hadir pula para pelaku UMKM ini menunjukkan bahwa Kelurahan Munjul memiliki kreativitas, dan tidak lupa berbagai kolaborasi dilakukan untuk mensukseskan acara kegiatan ini," ujarnya. 

Mengutip dari pernyataan Presiden RI pertama Ir Soekarno,'Jika saya diberikan 1.000 orang tua akan kutaklukkan Gunung Himalaya, dan jika diberikan 100 pemuda saya bisa menaklukkan dunia', Iin menilai anak muda saat ini jauh lebih tangguh dan harus memiliki kreativitas dan motivasi tinggi membangun bangsa Indonesia. 

"Buat seluruh anak muda, selalu semangat terus melakukan yang terbaik dan selalu kreatif dalam melakukan pekerjaan dan kehidupan. Selalu tanamkan dalam dirinya berjuang melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Bagi para pelajar, belajar dengan rajin dan giat, hindari hal negatif seperti tawuran dan narkoba yang bisa merusak diri kita dan bangsa Indonesia," ungkapnya. (JS)