Jaga Kualitas Lingkungan, Warga Kelurahan Malaka Jaya Tanam Ratusan Pohon

Jakarta Timur, (29/10/2023) - Warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya menggelar aksi menanam ratusan pohon untuk menghijaukan lingkungan, Minggu (29/10/2023). Aksi penghijauan lingkungan tersebut dihadiri langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar. 

Hadir juga dalam kegiatan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum-Ciliwung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Pina Ekalipta, Plt Camat Duren Sawit Mochtar, dan Lurah Malaka Jaya Asiyanto. 

Penghijauan dilakukan sebagai upaya mencegah bertambahnya kerusakan lingkungan seperti pencemaran udara dan air yang menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan. Tercatat, sebanyak 671 bibit pohon produktif beragam jenis buah ditanam dengan menggunakan metode tabulampot atau tanam buah dalam pot dengan memanfaatkan lahan pemukiman padat penduduk. 

Kegiatan dirangkai dengan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga di lingkungan RW 04 Kelurahan Malaka Jaya. 

Walikota mengapresiasi tinggi pada seluruh warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya yang telah berinisiasi untuk menjaga lingkungan. Terlebih, tidak hanya penghijauan sebagai wujud nyata mereka juga telah memulai budidaya kolam gizi dan sampah komposting. 

"Ini suatu bentuk kebersamaan dan gotong royong dalam menjaga lingkungan. Tentunya, bertambahnya kesadaran warga dalam penghijauan akan mewujudkan Kota Jakarta Timur yang sejuk asli dan aman dari berbagai bencana," katanya. 

Dirinya pun meminta kepada seluruh warganya agar dapat menjaga dan merawat dari sebuah inovasi positif yang dilakukan. Sebab, memelihara lebih sulit dibandingkan membuat. 

"Untuk itu saya minta kejalinan kekompakan antar seluruh warga terus meningkat sehingga dapat semakin mewujudkan kemanfaatan besar antar seluruh warga, buktikan matahari terbit dari timur, sehingga kita Jakarta Timur menjadi kota percontohan dari kota lainnya," tambahnya. 

Sementara itu dijelaskan Ketua RT 008, Dr. Taufiq Supriadi, dirinya bersama warga berkomitmen ikut menerapkan  prinsip environmental, social, dan governance (ESG). Komitmen itu khususnya dalam aspek lingkungan, melalui penanaman pohon produktif. 

"Ini diinisiasi karena kita semuanya seluruh warga RT 008 perhatian dan perduli terhadap bumi, dari penghijauan ini kita bersama mengedukasi seluruh warga akan pentingnya menjaga kualitas lingkungan," ucapnya. (AJ)