Integrasi TMB Mandor Hasan dan Taman Kasia Memasuki Tahap Akhir

Jakarta Timur, (31/10/2023) - Program penggabungan atau integrasi Taman Maju Bersama (TMB) Mandor Hasan dengan Taman Kasia di Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, saat ini memasuki tahap finishing atau penyelesaian. Penggabungan ini akan mengusung konsep Ruang Terbuka Hijau Biru (RTHB). 

Kepala Sudin Tamhut Jakarta Timur, Djauhar Arifin, mengatakan konsep RTHB merupakan integrasi antara ruang hijau dengan ruang biru, seperti embung, sungai, maupun danau guna meningkatkan fungsi ekologis.  Saat ini, merupakan tahap finalisasi dengan 25 Satgas Pertamanan yang sedang menuntaskan pekerjaan. 

"Sekarang progresnya sudah mencapai 95 persen. Pekan ini akan rampung," kata Djauhar, Selasa (31/10). 

Menurutnya, pembuatan jalan sebagai penghubung TMB Mandor Hasan dan Taman Kasia menjadi tahap akhir sebelum rampung. Jalan ini akan dijadikan sebagai area joging track warga yang berolahraga atau berkunjung ke taman. 

Jalan dibuat dengan batu makadam dan di sisi kiri kanannya dibatasi dengan bata hebel. Selain itu, ada juga jembatan di atas embung untuk penyebarangan. 

Sementara revitalisasi embung dengan penambahan daya tampung dari 625 meter kubik menjadi 834 meter kubik sudah selesai. Rain garden dengan daya tampung 192 meter kubik juga rampung dengan tambahan sentuhan berupa penataan lanskap di sekitarnya dengan berbagai tanaman seperti tanaman pretty pink dan palem kol. (JS)