Atasi Genangan, 8 Lokasi di Jakarta Timur Akan Dibangun Saluran Air 

Jakarta Timur, (2/11/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) akan melakukan pembangunan saluran di 8 titik lokasi sepanjang November hingga Desember. 
Rencana ini dibahas dalam rapat koordinasi pembangunan saluran melalui sistem e-katalog tahap VI tahun Anggaran 2023 yang dipimpin Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, di Ruang Rapat Khusus Lantai 2 Gedung Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (2/11/2023). 

Sekko menjelaskan, rapat yang dihadiri perwakilan kelurahan dan kecamatan di wilayah Jakarta Timur membahas rencana kegiatan pembangunan saluran, saluran penghubung dan kelengkapannya. Sebelumnya Sudin SDA telah melakukan survei terhadap kendala-kendala yang terdapat di lapangan, baik utilitas, pohon dan inrit rumah warga ataupun bangunan warga yang terdampak.

“Agar SKPD/UKPD (Satuan dan Unit Kerja Perangkat Daerah) dan camat atau lurah dapat membantu kegiatan pembangunan saluran, saluran penghubung dan kelengkapannya. Intinya setelah pembangunan biasanya banyak debu dan tanah, agar setelah selesai Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) kecamatan bisa dilibatkan membantu pembersihan debu ataupun tanah bekas pembangunan saluran, agar terlihat bersih dan rapi tidak ada debu dan tanah,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, menjelaskan rencana pembangunan saluran tahap VI akan dimulai November hingga Desember. Dimulai dari pekerjaan konstruksi saluran Gendong Embung Pekayon dan Crossing berada Jalan Gandaria Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo.

Untuk detail lokasi berada di Jalan Semar RT 006 RW 002 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jalan Jati Palem RT 008 RW 004 Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Saluran Gorong-Gorong Komplek PUSPALAD Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jalan SD Lama Kelurahan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung.

Kemudian Jalan Hidayah RT 012 RW 005 dan Jalan Nurul Amin RT 005 RW 008 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Saluran Gang Kapuk RT 003 & 006 RW 007 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas dan Jalan Malaka RT 005 RW 007 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas.

“Saya mohon para lurah membantu melakukan sosialisasi kepada warga terdampak bersama kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas kami agar pembangunan berjalan baik, dan semua warga mendukung kegiatan pembangunan tersebut untuk mengatasi masalah genangan di wilayah Jakarta Timur,” ungkapnya. (JS)