Reakreditasi Puskesmas, Kecamatan Makasar Optimis Raih Paripurna

Jakarta Timur, (3/11/2023) - Puskesmas Kecamatan Makasar menyambut kedatangan tim penilai independen reakreditasi Puskesmas dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Jumat (3/11/2023). 

Dari kedatangan tim penilai, Camat Makasar, Kamal Alatas, optimis Puskesmas Kecamatan Makasar dapat meraih akreditasi paripurna. Hal itu terlihat dari berbagai inovasi dan mutu pelayanan dari seluruh jajaran pelayanan kesehatan yang mengedepankan prinsip akreditasi yang berfokus pada kebutuhan masyarakat. 

"Kita meyakini bahwa kami melalui Puskesmas Kecamatan Makasar dapat meraih Status Paripurna. Tentunya, kategori pencapaian tertinggi dari hasil penilaian akreditasi ini merupakan wujud nyata dari orientasi publik di bidang kesehatan," kata Kamal. 

Sebagai pertimbangan, pelayanan kesehatan di wilayah menjadi salah satu penilaian reakreditasi Puskesmas. Salah satunya Posyandu Kenanga. Jalan Pangkalan Jati RW 013, hingga pemberlakuan edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar. Menurutnya, ada tiga unsur pokok yang harus dipenuhi puskesmas kecamatan tersebut untuk mendapat akreditasi yakni, unsur administrasi dan manajerial, unsur Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan unsur Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). 

"Nah di Kecamatan Makasar sudah mumpuni untuk penerapannya dan dirasakan oleh masyarakat," paparnya. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Makasar, dr. Dara Pahlarini, menjelaskan keberhasilan yang telah dicapai selama ini merupakan kolaborasi aktif lintas sektor hingga CSR. Selain mengedepankan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat, pihaknya juga menggencarkan inovasi rumah sahabat gizi. 

"Kita inginkan permasalahan kesehatan bagi warga teratasi baik dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dan tak lupa menuntaskan stunting," paparnya. (AJ)